Diresmikan 8 Desember, Inilah Kawasan Alun-alun Kota Bandung yang Direvitalisasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau Kawasan Alun-Alun Kota Bandung bersama perangkat daerah terkait dan Kewilayahan, Senin (6/12/2021) / Foto: Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Revitalisasi kawasan Alun-alun Kota Bandung termasuk beberapa lokasi lainnya telah selesai. Rencananya, kawasan Alun-alun bakal diresmikan pada Rabu 8 Desember mendatang.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna saat meninjau Kawasan Alun-Alun Kota Bandung bersama perangkat daerah terkait dan Kewilayahan, Senin (6/12/2021). Sekda memantau kesiapan akhir revitalisasi yang merupakan kebijakan Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung.

"Bukan hanya Kawasan Alun-Alun, tapi kita juga sekaligus dengan Viaduct, Babakan Siliwangi, patung sepak bola di Jalan Tamblong. Itu masih satu kesatuan," katanya usai peninjauan.

"Selain itu, Dago Cikapayang juga termasuk. Meski pun temanya lebih ke Kawasan Alun-Alun, termasuk pemasangan lampu di Jalan Soekarno yang terlihat bagus saat malam hari," imbuhnya.

Baca Juga: Naik Motor Trail, Kepala BNPB Tinjau Langsung Lokasi Terdampak APG Gunung Semeru

Menurut sekda, tujuan revitalisasi adalah menjadikan Kota Bandung lebih indah dan lebih nyaman.

"Sehingga orang-orang semakin bangga dengan kota ini. Orang semakin berkeinginan kuat untuk hadir di sini. Kalau mereka sudah hadir, aktivitas ekonomi akan kembali bangkit," katanya.

Sekda mengungkapkan, ada sejumlah fasilitas baru di kawasan Alun-alun. Jalan Dalemkaum juga semakin asri dan indah sehingga warga nyaman berjalan di sana.

"Nanti pohonnya mudah-mudahan dalam waktu secepatnya lebih rindang termasuk juga di jalan Kepatihan. Taman Laskar Wanita dengan patung Pelajar Pejuang yang ada di Viaduct itu yang juga bagian yang direvitalisasi," ucapnya.

Baca Juga: Presiden Minta Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Segera Dimulai

Dana revitalisasi Kawasan Alun-Alun ini merupakan campuran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan sumbangan pihak ketiga.

"Seperti Patung Pelajar Pejuang itu sumbangan pihak ketiga. Tapi Laskar Wanita itu APBD yang ada di DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) DPKP3 (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung)," katanya.

"Ada juga gabungan dari dana APBD DPU (Dinas Pekerjaan Umum), Dishub (Dinas Perhubungan), dana DPKP3. Ada sumbangan juga dari swasta di sini, kita berkolaborasi," lanjutnya.

Terkait Pedagang Kaki Lima (PKL), sekda menegaskan, dengan alasan apapun sudah tidak boleh ada. Karena Pemkot Bandung sudah menyediakan basemen Alun-alun untuk para PKL.

"Jadi saya mohon semua kesadaran rekan-rekan orang yang ada di sektor informal, street vendors, PKL ini bisa menyadari bahwa ini bukan ruang untuk mereka. Mereka sudah diberikan tempat yang mudah-mudahan menurut kami itu representatif," katanya.

"Apa yang menjadi kebutuhan mereka seperti blower, kita sudah pasang. Walaupun mungkin bukan belum secara keseluruhan," tambahnya.

Sekda meminta, setelah revitalisasi, Kawasan Alun-alun harus terus terjaga keindahan dan keasriannya. Satpol PP dan unsur kewilayahan diminta berkolaborasi untuk menempatkan petugas khusus untuk memastikan hal tersebut.

"Pasti (ada petugas) kita tempatkan. Jadi mereka lebih dulu hadir mengantisipasi dan tidak boleh ada masyarakat-masyarakat dengan alasan apapun melakukan aktivitas di luar dari konsep penataan ini," tegas sekda.

(Ist)

Baca Juga:

Kawah Putih Ciwidey, Sejarah Wisata Alam di Kaki Gunung Patuha

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kota Bandung Diperketat

Anggota DPRD Jabar, Buky Wibawa Serap Aspirasi Masyarakat Sukamiskin Juara

Revitalisasi Jadi Type A, Terminal Leuwipanjang Akan Terlihat Seperti Bandara

WHO: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Varian COVID-19 Omicron

Forum RW Kota Bandung Akan Menggelar Muskot Maret 2022

Inmendagri Baru Terbit, Berlaku sampai 13 Desember, Inilah Level PPKM di Jawa Bali

Inmendagri Natal dan Tahun Baru Terbit, Begini Aturan PPKM Level 3

Berita Terkait