Komisi V DPRD Tinjau Rencana Pembangunan Gedung Pencaksilat di Sumedang

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Haris Bobihoe saat meninjau rencana pembangunan kampung Pencaksilat di Kiarapayung, Kabupaten Sumedang, Jumat, (5/11/21) / Foto: Humas DPRD Jabar


Kab. Sumedang, Beritainspiratif.com - Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Haris Bobihoe meninjau rencana pembangunan kampung Pencaksilat di Kiarapayung, Kabupaten Sumedang, Jumat, (5/11/21) lalu.

Pembangunan kampung Pencaksilat ini untuk mengingatkan masyarakat terutama generasi muda, bahwa Jawa Barat memiliki warisan budaya bernama Pencaksilat.

Untuk itu ia pun mendorong Dinas Pariwisata dan Budaya agar segera merealisasikan gedung pencaksilat ini, sebagai wahana pelestarian budaya dan wahana wisata.

“Komisi V beserta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Jabar) akan terus mendorong agar gedung ini menjadi wahana untuk pelestarian budaya juga menjadi wahana untuk wisata warga Jawa Barat,” ujarnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh Buka Raker Muslimat NU Tasikmalaya

Sementara itu perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Aris menjelaskan rencana pembangunan gedung pencaksilat ini merupakan inisiatif dari Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil).

Tujuannya mensupport Pencaksilat sebagai warisan budaya takbenda.

“Rencana pembangunan pencaksilat ini, komitmen pak Gubernur untuk mensupport pencak silat warisan tak benda. Kami dari disparbud ditugaskan untuk menyusun detail enginering design (DED) nya, sehingga pembangunan fisik di tahun 2022 atau 2023 itu dapat terlaksana dengan baik," ucapnya.

Diketahui Unesco mengakui Pencaksilat merupakan Warisan Budaya Tak benda milik Indonesia.

Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, berkomitmen melestarikan budaya tersebut dengan membangun gedung Pencaksilat.

“Kita ingin punya gedung/ bangunan untuk pelestarian budaya. Seperti kita ketahui silat itu adalah budaya tradisional yang diakui Unesco," terang Aris

(Adi)

Baca Juga:

Berbasis Web, Kota Bandung Miliki Peta Batas Wilayah Hingga Tingkat RT

Daftar Peraih Anugerah Media Humas 2021, Medsos Setkab Terbaik 1

Imam Suhardjo Raih Doktor Ilmu Komunikasi Unpad di Usia 73 Tahun

Satgas COVID-19 Terbitkan Ketentuan Baru Perjalanan Dalam Negeri, Begini Aturannya

Profil Irjen Pol Suntana, Kapolda Jabar yang Baru

DKI Jakarta Level 1, Inilah Daftar PPKM JAWA BALI hingga 15 November

BPOM Terbitkan Izin, Vaksin Sinovac Dapat Diberikan Anak Usia 6-11 tahun

Kota Bandung Hadirkan Cita Rasa Wisata Kuliner Tanpa Asap Rokok

Berita Terkait