UPI Anugerahi Gelar Doktor Kehormatan Mien R. Uno dan Hywel Coleman

Saat UPI Anugerahkan gelar Doktor Kehormatan kepada Mien R. Uno, (Ibunda Menteri Kemenparekraf) Sandiaga Uno, dan Peter Hywel Coleman, OBE. M.A. pada Senin (18/10/2021) / Foto: Humas UPI


Bandung, Beritainspiratif.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menganugerahkan gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) kepada Mien R. Uno, yang merupakan ibunda Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menteri Kemenparekraf) Sandiaga Uno, dalam bidang kewirausahaan, serta Peter Hywel Coleman, OBE. M.A. dalam bidang pendidikan dan kebijakan bahasa.

Kegiatan ini diselenggarakan secara daring dan luring di Gedung Achmad Sanusi kampus Bumi Siliwangi jalan Setiabudhi kota Bandung, Senin (18/10/2021).

Dalam pidato pertanggung jawaban gelar kehormatan Peter Hywel Coleman, Ketua Tim Promotor Prof. H. Fuad Abdul Hamied mengatakan, dirinya mengenal Peter tahun 1990 melalui publikasi buku karangannya.

Dari sana ia melihat kepiawaian Peter dalam kontek bahasa global.

"Beliau meneliti kebijakan bahasa di dunia. Dari kegiatan tersebut terbit puluhan buku dalam bidang bahasa. Bapak Peter sudah menjadi konsultan dalam survei bahasa dan pendidikan," ucapnya.

Baca Juga: JK Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Jabar

Fuad juga mengatakan, salah satu bukti dedikasi Peter dalam bidang kebahasaan, ialah diterimanya penghargaan dari Ratu Inggris atas pengabdiannya di Indonesia.

Peter Hywel Coleman dalam pidato ilmiahnya mengungkapkan hasil kajian tentang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolahsekolah agar masyarakat Indonesia bisa bersaing secara global.

Menurutnya, penggunaan bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar di sekolah, telah merusak kompetensi berbahasa Indonesia dari siswa.

"Mestinya Indonesia menyiapkan siswa berwawasan internasional, dengan bangga terhadap budaya bangsanya. Bukan dengan mengubah cara penyampaian pelajaran nenggunakan bahasa Inggris, " tegas Peter.

Sementara itu dalam pertanggung jawaban pidato kehormatan Mien R Uno, Ketua Tim Promotor Prof. Dr. Suryana M. S menuturkan Mien R. Uno merupakan sarjana IKIP Bandung peraih 32 penghargaan antara lain sebagai tokoh perempuan inspiratif Indonesia, tokoh inovatif dan bunda etik Indonesia.

Sembilan buku karyanya dimuat di Library Congress Washington Amerika Serikat.

"Melalui Mien R. Uno Foundation yang dipimpinnya, ia berjasa dalam bidang pendidikan, bea siswa serta pengembangan kepemimpinan dan kewirausahaan, " ujarnya.

Mien R Uno dalam pidato ilmiahnya mengatakan, generasi muda Indonesia merupakan tenaga yang luar biasa dalam menggerakkan roda ekonomi bangsa.

"Mereka mengembangkan ekosistem kewirausahaan dengan membangun sikap, perilaku dan cara kerja," tuturnya.

Mien R. Uno menjelaskan, prinsip kewirausahaan dimaknai sebagai semua aktivitas kehidupan tidak hanya bisnis. Ia juga berpendapat, generasi muda yang ingin berwirausaha perlu memiliki kepribadian yang tangguh.

"Pribadi yang tangguh, berani untuk melawan arus, memiliki kekuatan mental, berintegritas tinggi, dan siap untuk jatuh bangun dan bangkit kembali," tuturnya.

Berbeda dengan Peter Hywel Coleman yang hadir secara luring, Mien R. Uno hadir dan diwisuda secara daring. Penyerahan ijazah diwakili oleh putranya, Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno.

"Sebagai putera beliau, saya melihat pencapaian hari ini, mudah-mudahan bisa memotifasi lebih banyak lagi pendidik di bidang kewirausahaan dari UPI," tutur Sandiaga Uno.

(Adi)

Baca Juga:

5 Kali Juara, Jabar Provinsi Pertama Juara Umum PON di Papua

Menang 2 - 0 Atas Bhayangkara FC, Teja Paku Alam MAN OF THE MATCH

Pemerintah Akan Tindak Tegas Praktik Pinjaman Online Ilegal

PD Kebersihan Kota Bandung Resmi Dilikuidasi

Dokumen Hilang, Begini Cetak Sendiri Akta Kelahiran, KK, dan Akta Kematian

Pengurus FK KIM Kota Bandung 2021-2024 Dilantik, Ini Pesan Wali Kota

Berita Terkait