Hasil Imbang 4 Kali, Persib Akan Berbenah Hadapi Seri Kedua

Skuad PERSIB siap lakukan pembenahan © PERSIB.co.id/Barly Isham


Bandung, Beritainspiratif.com - PERSIB bermain imbang 1-1 dengan PSM Makassar pada pertandingan pekan keenam Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (2/10/2021). 

Setelah tanpa gol di babak pertama, PERSIB unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri pemain PSM, Serif Hasic menit 60. Namun, PSM bisa mencetak gol balasan melalui Saldi menit76.

Di pertandingan ini, PERSIB melakukan sejumlah pergantian pemain di antaranya dengan memasang Achmad Jufriyanto dan Supardi Nasir sebagai bek tengah menggantikan Nick Kuipers dan Victor Igbonefo. Selain itu, Ardi Idrus dan Geoffrey Castillion sudah fit dan tampil sejak menit pertama.

Baca Juga: Wali Kota: Capaian Vaksinasi di Kota Bandung Tertinggi di Jabar

Sejak babak pertama, PERSIB langsung menyerang. Sebuah peluang didapat Febri Hariyadi. Sayang tendangannya masih melebar. Kans juga didapat oleh Wander Luiz tapi tembakannya juga menyamping.

Di menit 25, Wander Luiz menyambar umpan silang Mohammed Rashid di sisi kanan. Tandukan Luiz mengarah ke gawang PSM. Tapi kiper PSM, Syaiful mampu menghalau bola. Ini jadi peluang terbaik pertama yang didapat Pangeran Biru.

Anco Jansen menjadi pemain pertama yang mendapat kartu kuning setelah melanggar Castillion. Tak lama, laga kembali terhenti menyusul cedera yang didapat bek PSM, Abdul Rahman dan harus digantikan oleh Erwin Gutawa. 

Baca Juga: Kota Bandung Akan Terapkan Aplikasi Pedulilindungi di Pasar Tradisional

Penyelamatan gemilang dilakukan Teja Paku Alam. Ia dengan sigap mengamankan bola yang dilepaskan Willem Jan Pluim. 

Menit-menit akhir babak pertama, ketangguhan Teja Paku Alam kembali diuji. Berawal dari tusukan yang dilakukan Yakob Sayuri, bola lantas dikirimkan ke Ilham Udin yang langsung meneruskannya dengan sebuah tandukan. Namun, Teja dengan cemerlang menepis bola. 

Teja kembali mengambil keputusan penting dengan keluar dari sarangnya untuk merebut bola dari penguasaan Pluim yang lolos dari perangkap offside. Tidak ada pelanggaran dan bola bisa dihalau Teja. Babak pertama berakhir tanpa gol. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Buka PON XX Tahun 2021 di Papua

Jelang babak kedua dimulai, PERSIB melakukan pergantian. Frets Butuan ditarik pelatih Robert Alberts untuk digantikan Beckham Nugraha. Tak lama, pertahanan Pangeran Biru kembali diuji oleh Yakob dan dengan gemilang Teja menghalau bola. 

Di menit 57, Klok terpaksa melakukan pelanggaran kepada Pluim yang berbuah kartu kuning untuk dirinya. Tak lama, Pangeran Biru memasukkan Ezra Walian menggantikan Geoffrey Castillion. 

Di Menit 60, kebuntuan di Stadion Wibawa Mukti akhirnya pecah. Berawal dari tendangan Febri Hariyadi, bola gagal diantisipasi dengan baik oleh bek PSM, Serif Hasic hingga akhirnya bersarang di gawang sendiri. 

Kartu kuning diterima Achmad Jufriyanto di menit 75. Sebelumnya, Ardi Idrus pun mengalami hal serupa. Semenit berselang, Saldi menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menyambar umpan Pluim dari situasi bola mati. 

Jansen lolos dari perangkap offside di menit 88 dan langsung melepaskan sepakan keras di dalam kotak penalti, tapi Teja Paku Alam bisa menghalau bola. Menit-menit akhir jelang pertandingan berakhir, Klok melepaskan sepakan kaki kiri tapi arahnya masih melebar. Pertandingan pun berakhir imbang 1-1.

Baca Juga: Ridwan Kamil Kunjungi dan Memotivasi Langsung Kontingen PON Jabar

Persib akan Berbenah

Sementara itu, Kapten tim PERSIB, Supardi Nasir menyatakan, seluruh pemain siap untuk memperbaiki penampilannya di seri kedua Liga 1 2021/2022. Hal itu diungkapkan Supardi menyusul hasil imbang 1-1 dengan PSM Makassar.

"Kami membuat beberapa peluang yang memang seharusnya bisa menjadi gol. Tapi akhirnya tidak tercipta. Ini tanggung jawab semua pemain dan harus ingat yang tertera di dada bahwa kami harus bela tim ini mati-matian," kata Supardi kepada media secara virtual setelah pertandingan. 

Pertandingan melawan PSM merupakan yang terakhir di seri pertama. Setelah itu PERSIB akan menjalani serangkaian program latihan keras selama sekitar dua pekan untuk memperbaiki segala kekurangan.

Supardi meyakini, performa timnya bisa lebih baik di seri kedua nanti. Syaratnya, setiap pemain harus bekerja keras dalam menjalani latihan. Rencananya, PERSIB akan mulai kembali berlatih pada Selasa, 5 Oktober 2021 mendatang.

"Kami masih memiliki waktu untuk memperbaiki segalanya. Saya yakin, tim ini bisa berkembang lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya. Saya berharap semua pemain menyadari itu," tegas pemilik nomor punggung 22 tersebut.***

Baca Juga: Inilah 7 Arena PON XX Papua yang Diresmikan Presiden Jokowi

PERSIB menutup seri pertama Liga 1 2021/2022 dengan hasil imbang 1-1 melawan PSM Makassar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu 2 Oktober 2021. 

Tambahan satu angka menempatkan PERSIB di peringkat keempat klasemen sementara dengan nilai 10, hasil 2 kali menang dan 4 imbang. 

Untuk memperbaiki penampilan di seri kedua, pelatih PERSIB Robert Alberts tidak memberikan waktu istirahat banyak untuk pemainnya. Sebab, mulai Selasa, 5 Oktober 2021, seluruh pemain langsung menjalani program latihan menghadapi seri kedua.

"Kami punya waktu 12 hari dan akan menjalaninya dengan program latihan yang keras untuk bisa memperbaiki sejumlah kekurangan yang kami miliki," ujar pelatih PERSIB, Robert Alberts. 

"Kami akan menganalisis penampilan kami sehingga tahu persis apa yang akan dilakukan selama periode tersebut. Lalu kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi seri kedua," terangnya.

Rencananya, seri kedua bakal dimainkan di sejumlah kota di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, mulai pertengahan Oktober 2021. 

Sumber: Persib.co.id

(Yanis)

Baca Juga:

Buruan Ajukan, Kemenag Beri Bantuan Pesantren Hingga 4 Oktober 2021Sertu Kowad Anny Pandini, Raih Emas Judo 4 Kali Berturut Turut di Ajang PON

Pemerintah Luncurkan Meterai Elektronik Rp10.000

Aturan Baru Kemenkes, Penyintas Covid-19 Bisa Divaksin Setelah 1 Bulan Sembuh

Di Desain Ridwan Kamil, Alun-alun Kabupaten Sorong Diresmikan

Ratusan Prajurit TNI 'Asli Papua' Sambut Kirab Api PON XX di Merauke

Berita Terkait