Pemkot Bandung Bangkitkan Budaya Bersepeda Melalui Wisata Tematik

Walikota Bandung tengah mencoba sepeda biru dari bambu asli buatan lokal Jawa Barat dengan pemilik kang Heru di Pendopo Kota Bandung, Minggu (19/9/2021) / Foto: Akun Medsos @mang oded


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah berupaya menghidupkan kembali budaya bersepeda. Salah satu upaya tersebut yaitu mengemas wisata sepeda berbasis tematik. Misalnya wisata sepeda berbasis Tematik Bandung Tuinstad (Bandung Kota Taman) seperti bersepeda dengan rute mengunjungi taman-taman bersejarah di Kota Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, serta beberapa komunitas, Minggu (19/9/2021), berkeliling melakukan Cycling With Good Guide. Dimulai dari Plaza Balai Kota, Taman Dewi Sartika, kemudian menuju Taman Maluku. Setelahnya, berlanjut ke Bangunan Selaras di Cibeunying, lalu menuju Taman Ganesha sebagai pusat pendidikan, dan berakhir di Kebun Binatang.

"Selain memperkenalkan wisata sepeda dan tempat-tempat ikonik yang punya nilai sejarah. Hari ini termasuk charity untuk Kebun Binatang yang dilakukan oleh beberapa komunitas," ungkap wakil wali kota saat berhenti di Kebun Binatang.

Melalui wisata sepeda, wakil wali kota merasakan sensasi yang sangat berbeda. Sebab tak hanya kesehatan fisik yang didapat dari bersepeda, namun juga mampu mengenal Bandung lebih dekat.

"Ternyata cukup banyak sejarah dan filosofi pendiri kota ini, ternyata menarik dan banyak hal-hal yang bisa kita gali," katanya.

Baca Juga: Dankodiklatad Beri Standing Applause 1 Menit Kepada Windy Cantika Aisah

Sementara itu, anggota Komunitas Bandung Good Guide, Edgar mengajak masyarakat mengeksplorasi Kota Bandung dengan bersepeda menelusuri taman-taman, sekaligus juga memperkenalkan sejarah taman tersebut dibentuk.

"Jadi kami ingin aktivasi kembali bersepeda yang tidak hanya olahraga tapi lebih dengan mengenal Bandung dengan kisah-kisahnya. Salah satunya yang diangkat kali ini temanya taman," papar Edgar.

Selain mengelilingi sejumlah taman-taman yang ada di Kota Bandung, terang Edgar, pihaknya mengakhiri kegiatan bersepeda dengan berkunjung ke Kebun Binatang Bandung.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga melakukan charity untuk membantu menghidupkan kembali Kebun Binatang Bandung yang beberapa waktu terakhir terpaksa tutup karena pandemi Covid-19.

"Kita ingin mengangkat kembali memori terkait Bandung Zoo dan charity ini menjadi prioritas kami agar bisa membantu rekan-rekan zookeeper yang dulunya bekerja setiap hari di sini," tuturnya.

(RV)

Baca Juga:

PT KAI Buka Lowongan SMA hingga S1 Berbagai Formasi

Oded Ingin Imam Muda Pimpin Masjid di Kota Bandung

MUNGSOLKANAS, Masjid Tertua di Kota Bandung

Webinar Geodesink ITB: Jakarta Tidak Tenggelam, Tapi Tergenang

Inilah Sejumlah Acara Hari Jadi Kota Bandung Ke-211 di Masa Pandemi

Berita Terkait