Kota Bandung Capai 74 Persen, Cicendo dan Cibeunying Kidul Percepat Herd Immunity

Vaksinasi massal yang digelar Kecamatan Cicendo di Gedung Bhayangkara, Selasa (14/9/2021) / Foto: KIM Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (pemkot) Bandung terus mempercepat pembentukan herd immunity. Salah satunya dengan melaksanakan vaksinasi massal di tiap wilayah. Sampai saat ini, total sasaran pemberian vaksinasi sebanyak 1.952.358 orang.

Total warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama mencapai 1.423.517 orang (74 persen). Dosis kedua 927.201 orang (47,49 persen).

Sementara untuk remaja, dari sasaran sebanyak 238.139 orang, tercatat 49.766 orang (20.90 persen) sudah mendapat vaksin dosis pertama dan 27.383 orang (11,50 persen) dosis kedua.

Untuk mencapai target 100 persen pada akhir tahun, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana rutin meninjau pelaksanaan vaksinasi di tiap wilayah di Kota Bandung.

Yana menyempatkan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Cicendo di Gedung Bhayangkara dan Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cibeunying Kidul di SMP 22 Bandung, Selasa (14/9/2021).

“Antusias warga tentunya ini memberikan keyakinan kepada Pemkot Bandung untuk percepatan terbentuknya herd immunity. Target kita per-hari kemarin sekitar 1,4 juta setara dengan 74 persen pada dosis pertama. Kemudian dosis ke-2 yaitu 970 ribu orang atau setara dengan 48 persen,” tuturnya.

Baca Juga: Hasil Evaluasi Kemenpan, SAKIP dan RB Pemkot Bandung Memuaskan (BB)

Hal itu, lanjut wakil wali kota, sebagai ikhtiar warga Kota Bandung untuk tercapai herd immunity atau kekebalan komunal mencapai 100 persen.

“Ini ikhtiar kita, kalau akhir tahun 100 persen tercapai Insyaalah secara teori pandemi berakhir di Kota Bandung dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” katannya.

Sementara itu, Camat Cicendo, Bira Gumbira menyampaikan, pelakasanaan vaksinasi di Kecamatan Cicendo dilaksanakan selama 3 hari, 13-15 September 2021 dengan target 4.500 orang.

Kegiatan tersebut, lanjut Bira, selain untuk membentuk herd immunity juga percepatan persiapan dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Kegiatan ini tentu saja untuk mempercepat persiapan PTM secara langsung bagi sekolah yang ada di wilayah Cicendo. Maka dari itu, harus mengintegrasikan untuk vaksin. Pada kenyataanya bahwa ada beberapa sekolah yang sudah melaksanakan kegiatan melalui bantuan Kodam, Kesdam kemudian dari pegiat lainnya,” jelasnya.

Selain usia remaja juga diberikan kepada warga 18-59 tahun.

“Jadi khusus untuk warga Kelurahan Pajajaran termasuk capaian vaksin yang masih rendah dibanding kelurahan lainnya. Kita upayakan dipercepat sehingga kelurahan Pajajaran terbentuk herd immunity,” ujarnya.

“Dosis hari ini 1.200, totalnya 4.500 dosis selama 3 hari. Untuk Kelurahan Pajajaran itu 500 dosis. Besok kita data lagi, kalau dari target 1.200 masih ada sisa, kita tarik lagi warga untuk divaksin,” bebernya.

Di tempat yang berbeda, Camat Cibeunying Kidul, Aries Rusdianto menyampaikan, pelakasanaan vaksinasi di Kelurahan Sukamaju menargetkan 1.200 orang untuk usia 12-59 tahun. Pelaksanaannya diselenggarakan selama 1 hari, 14 September 2021 di SMP 22 Bandung Jalan Supratman.

(RV)

Baca Juga:

Tim Riset SBM ITB: Pemerintah Perlu Semakin Mengkampanyekan Manfaat Vaksin

Pemerintah Akan Terus Berlakukan PPKM Guna Mengendalikan Covid-19

Capaian Total Vaksinasi Jadi Indikator Penurunan Level PPKM

Vaksin 'Sekali Suntik' Johnson & Johnson Tiba di Indonesia

Daftar Level PPKM Jawa-Bali Hingga 20 September, 3 Kabupaten Masih Level 4

UPI - Pemkot Bandung Kembangkan Mesin Sampah Canggih Tanpa Listrik

 

Berita Terkait