Pemkot Bandung Salurkan Bantuan Kepada PKL di Cikapundung Barat

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat menyalurkan bantuan dari Summarecon Bandung sebanyak 600 paket sembako untuk para PKL binaan Pemkot di Jalan Cikapundung Barat, Selasa, (7/9/2021) Foto: Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada pedagang kaki lima, PKL stempel dan buku yang ada diseputaran Jalan Cikapundung Barat, Selasa (7/9/2021).

Bantuan sembako tersebut merupakan titipan PT Summarecon Bandung kepada Pemkot Bandung. Bantuan diberikan kepada para PKL di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.

Secara simbolis bantuan disalurkan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kepada sejumlah PKL. 

“Hari ini kebetulan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung mendapat bantuan dari Summarecon Bandung sebanyak 600 paket sembako. Ini kita distribusikan kepada para PKL binaan Pemkot Bandung melalui Satgasus PKL,” katanya.

Ia berharap bantuan tersebut bisa membantu para PKL dalam pemulihan ekonomi setelah dibukanya relaksasi ekonomi di masa PPKM level 3 ini.

Wakil wali kota mengungkapkan, relaksasi yang diberikan di masa PPKM Level 3 masih mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). 

“Minggu ini akan ada ratas (rapat terbatas) untuk evaluasi relaksasi yang sudah diberikan kepada pelaku ekonomi maupun sosial yang ada di Kota Bandung. Apakah akan diperluas kapasitas dan waktunya, nanti berdasarkan hasil analisa yang dilakukan temen temen dinas terkait,” jelasnya.

Untuk itu, ia kembali mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat Kota Bandung untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat minimal 3M. 

“Meskipun secara indikator menunjukan pandemi covid-19 di Kota Bandung relatif terkendali bahkan menurun, kami ingatkan bahwa pandemi ini belum selesai. Tetap prokes ketat, jangan abai terhadap prokes minimal 3M. Insyaallah kita semua sehat,” harapnya.

Baca Juga: éL Hotel Royale Bandung Persembahkan 'September Saleprice' Super Menarik

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, pemberian bantuan ini adalah bentuk kepedulian Pemkot Bandung terhadap para PKL yang merupakan kekuatan ekonomi dari sektor informal yang terdampak covid-19 terutama para PKL yang berjualan buku dan stempel.

“PKL kuliner sudah lumayan mulai bangkit. Setelah dievaluasi, terlihat sudah mulai berjalan aktivitasnya dan kembali normal. Tapi untuk (PKL) stempel ini memang berjalan di tempat cenderung menurun,” katanya.

Total bantuan yang didistribusikan sebanyak 43 sembako bagi PKL stempel dan buku di Jln. Cikapundung. Selain bantuan sembako, pihaknya pun akan memberikan bantuan pelatihan bagi PKL agar para PKL binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung bisa secara mudah mendapatkan bantuan keuangan dari perbankan maupun non perbankan.

“Para pelaku PKL binaan ini diberikan pemahaman tentang strategi berjualan yang baik. Terutama bagaimana menumbuhkan rasa tertib dan tidak melanggar aturan, mengubah sikap mental para PKL jadi entrepreneur atau pedagang formal,” ungkap Atet.

“Sekarang susah mau cari bantuan, alamat jualannya tidak jelas. Tapi setelah dibina dan menjadi pedagang formal bisa dapat pinjaman dari bank atau non bank. Insyaallah bisa sukses,” tuturnya.

Di tempat sama, Rohman salah satu pedagang stempel yang menerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bandung. 

“Alhamdulillah, kami senang mendapat bantuan. Terima kasih Pemkot Bandung,” ucap Rohman.

Ia mengaku senang karena mendapat bantuan dari Pemkot Bandung. Pasalnya selama masa PPKM hingga saat ini pendapatan dari usaha berjualan stempel sangat memprihatinkan.

“Terkadang dari langganan ada pendapatan Rp100 ribu, kadang lebih. Tapi kalau sekarang jauh, dapat Rp50 ribu sehari juga susah,” akunya.

(RV)

Baca Juga:

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 13 September, Level 2 Jadi 43 Daerah

Mahasiswa UGM Teliti Tradisi Perang Obor di Jepara

AHY Dikukuhkan Jadi Mahasiswa Baru Program Doktor di UNAIR

Setelah 41 tahun Tim Paralimpiade Bisa Raih Emas, Presiden: Saya Tunggu di Istana

Berita Terkait