Pemkot Bandung dan BBWS Citarum Sepakat Prioritaskan Normalisasi 3 Sungai

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat bersilaturahmi dengan Kepala BBWS Citarum, Bastari di Kantor BBWS Citarum, Senin (6/9/2021) / Foto: Prokopim Kota Bandung


Kota Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum terus berkolaborasi menormalisasi sejumlah sungai yang melewati Kota Bandung. Tujuannya agar sungai-sungai di Kota Bandung kembali bersih dan bisa mencegah banjir.

Beberapa di antaranya telah disepakati 3 aliran sungai yang melintasi jalan Sukamaju (Pasteur), sungai Cibodas, Cidurian, dan Cisaranten.

“Ada tiga lokasi yang disepakti diprioritaskan. Berada di jalan Pasteur-Sukamaju, Cibodas-Cidurian dan Cisaranten. Jadi lebih normalisasi sungai dan penataan tepian sungainya,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana usai bersilaturahmi dengan Kepala BBWS Citarum, Bastari di Kantor BBWS Citarum, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Tirtawening Kota Bandung Sulit Peroleh Air Baku, Pelanggan Diminta Berhemat

Wakil wali kota menuturkan, selain tiga prioritas itu, beberapa normalisasi sungai pun masih berjalan.

“Baru tiga ini (prioritas), yang lainnya masih berjalan di beberapa titik,” tuturnya.

Salah satu kontribusi Pemkot Bandung dalam normalisasi sungai di antaranya membantu warga membongkar bangunan yang berada di daerah alisan sungai.

“Pemkot Bandung bantu bongkar juga penertiban,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 ini, Pemkot Bandung memang terpaksa melakukan refocusing anggaran. Olah karenanya, perlu kolaborasi agar penataan sungai tetap terus berlangsung.

“Kita sadar ada refocusing anggaran. Kita sepakat swakelola agar dapat dirasakan manfaatnya,” kata wakil wali kota.

Sementara itu, Kepala BBWS Citarum, Bastari menegaskan, siap berkolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk menyukseskan prioritas yang sudah disepakati.

“Tentunya kami akan berkolaborasi 3 prioritas penanganan sungai di Bandung,” katanya.

Ia berkomitmen untuk bersama-sama menangani banjir dan normalisasi sungai. Salah satunya penataan kawasan daerah aliran sungai.

“Bersama kita atasi masalah banjir dan penataan kawasan. Kita juga siap mendukung Pemkot Bandung untuk terus berkoordinasi," ujarnya.

(Yanis)

Baca Juga:

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 13 September, Level 2 Jadi 43 Daerah

Mahasiswa UGM Teliti Tradisi Perang Obor di Jepara

AHY Dikukuhkan Jadi Mahasiswa Baru Program Doktor di UNAIR

Setelah 41 tahun Tim Paralimpiade Bisa Raih Emas, Presiden: Saya Tunggu di Istana

Berita Terkait