Aplikasi Agree Telkom, Permudah Petani Milenial Kelola Lahan Pangan



Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyambut baik aplikasi Agree PT Telkom Indonesia, yang memungkinkan petani milenial mengelola lahan pertaniannya secara digital.

Melalui aplikasi tersebut petani dan kepala desa dapat meningkatkan keilmuan tentang pangan.

Agree adalah aplikasi penunjang agribisnis yang memiliki fitur kemitraan dengan perusahaan pertanian, permodalan, dan penjualan. Agree juga memiliki fitur cara budidaya, info cuaca, dan info harga.

“Saya menyambut baik aplikasi Agree untuk petani Jabar, karena di dalamnya banyak kemudahan tentang peningkatan keilmuan pangan,” katanya saat memberikan sambutan pada Webinar BPSDM Provinsi Jabar dengan tema “Program Petani Milenial dan Aplikasi Agree untuk Petani Jabar Juara” di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (6/5/2021).

“Seperti contohnya pertanian porang, unsurnya seperti karbohidrat tapi tidak mengandung zat-zat yang tidak bikin gemuk, itulah contoh pengetahuan. Nah di aplikasi itu harus ada,” imbuhnya.

Gubernur berharap kehadiran aplikasi Agree memudahkan petani milenial, memahami kondisi lahan pangan yang dikelolanya. Seperti halnya manajemen budidaya.

“Kemudian dalam aplikasi tersebut ada manajemen budidaya, pelatihan dan juga menciptakan inovasi menjadi sesuatu yang mudah dipahami para petani dan kepala desa,” tuturnya.

Menurutnya, dimasa pandemi COVID-19, sektor ekonomi pangan dan teknologi digital tidak mengalami penurunan. Oleh karena itu, apabila keduanya digabungkan, akan menghasilkan kebermanfaatan bagi perekonomian masyarakat dimasa depan.

“Jadi kesimpulannya, kalau kita mau selamat di masa depan. Masyarakat Jabar itu harus bisa melihat ekonomi yang tangguh adalah menggabungkan ekonomi pangan dan digital,” sebutnya.

“Karena kalau hanya digital saja tidak akan bisa, ataupun sebaliknya hanya mengandalkan ekonomi pangan saja,” tambahnya.

Gubernur berujar, ketika mengelola lahan pangan membutuhkan kolaborasi semua pihak, termasuk PT Telkom yang ikut bela negara dengan aplikasinya untuk membantu petani milenial di Jabar.

“Karena yang kita bangun dalam petani milenial ini adalah superteam, bukan superman, semua produk inovasinya adalah kerja dari superteam,” ujarnya.

Pemda Provinsi Jabar belum lama ini meluncurkan program Petani Milenial yang mengajak pemuda bertani di desa difasilitasi pelatihan dari pemda dan pembiayaan dari Bank bjb melalui Kredit Usaha Rakyat. Antusiasmenya cukup tinggi dan kini masih berjalan.

(Ida)

Berita Terkait