Tata Cara Pemulasaraan Jenazah Digelar oleh LPM Kelurahan Sukamiskin

Praktek Pemulasaraan Jenazah yang digelar LPM Kelurahan Sukamiskin, Sabtu (27/3/2021) Foto: KIM Sukamiskin/Yayan)


Bandung, Beritainspiratif.com - Tata cara memandikan jenazah, mengkafani, menyolatkan, hingga menguburkan jenazah merupakan kewajiban yang harus dilakukan seorang Muslim dalam mengurus jenazah. Hukum mengurus jenazah adalah fardu kifayah bagi umat Islam.

Untuk itu, sesuai Program Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Tahun 2021, menggelar pelatihan pemulasaraan jenazah di aula kantor kelurahan sukamiskin, Sabtu, (27/3/2021).

Hadir dalam acara tersebut Lurah Sukamiskin Farida Agustini, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua LPM beserta pengurus, Ketua Forum RW, Ketua BKM, Ketua RW, Pengurus DKM, KIM, dan perwakilan warga sukamiskin dari tiap-tiap RW.

Sedangkan narasumber yang hadir adalah H. Asep Djalaluddin (pengurus PKH yang juga Seksi Agama LPM Sukamiskin), H. Djajuli (Ketua RW 15) dan H.A. Hamzah (DKM Masjid Al Gofur)

Acara dibuka oleh Lurah Sukamiskin Farida Agustini dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada LPM yang telah menggelar acara ini yang merupakan program kerja tahun 2021 dan kehadiran semua dalam rangka mengikuti pelatihan.

“Sebelumnya LPM juga telah menggelar acara Musrenbang, berbagi masker dan sekarang pelatihan pemulasaraan jenazah. Mudah-mudahan di tahun 2021, alokasi anggaran untuk lembaga di kelurahan dapat dialokasikan sesuai rencana,” ungkap Farida.

Dalam kesempatan ini Lurah Sukamiskin juga mengingatkan masyarakat untuk dapat mendukung dan merealisasikan ODF.

“Kota Bandung sudah lama tidak mengikuti lomba kota sehat, karena masih banyak warga yang BAB ke sungai. Untuk itu diingatkan kepada warga sukamiskin mulai 29 Mei 2021 seluruh warga sukamiskin harus sudah ODF. Untuk ditiap tiap RW, kelurahan dan kecamatan akan dilakukan pendataan, warga mana saja yang belum memiliki septic tank. Semua wajib membuat septic tank,” tegas Lurah Sukamiskin.

Sementara itu, Ketua LPM Aan Sumaedi mengucapkan terima kasih kepada Kelurahan sukamiskin yang telah memfasilitasi kegiatan Seksi Agama LPM kelurahan sukamiskin.

‘Mudah-mudahan, pelatihan pemulasaran jenazah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,dan dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya dan juga terima kepada narasumber,” ungkap Ketua LPM.

Sementara itu Ketua Forum RW Erick Kelurahan Sukamiskin menyampaikan kepada seluruh peserta selamat mengikuti acara ini.     

Adapun praktek tata cara pengurusan jenazah dan memandikan sampai menguburkan dapat dilihat dalam video pelatihan berikut ini.

Video: Praktek Pemulasaraan Jenazah LPM Sukamiskin

Yanis

Berita Terkait