Rektor UPI Wisuda 908 Lulusan Gelombang I-2021 Secara Daring dan Luring

Foto: Humas UPI


Bandung, Beritainspiratif.com - Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. H. M. Solehuddin, mewisuda 908 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan pada wisuda gelombang I tahun 2021, Rabu (24/2/2021).

Wisuda digelar secara daring (dalam jaringan/ online) melalui aplikasi zoom dan luring (luar jaringan).

Sejumlah perwakilan pimpinan UPI dan wisudawan terbaik, mengikuti acara wisuda secara luring di gedung Achmad Sanusi UPI jalan Setiabudhi kota Bandung, dengan menerapkan standar protokol kesehatan yakni pengecekan suhu tubuh, tes antigen serta memakai masker dan menjaga jarak.

Adapun yang diwisuda terdiri atas lulusan jenjang diploma (D3) 14 orang, S1 sebanyak 798 orang, magister (S2) 69 orang, serta lulusan jenjang doktor (S3) 27 orang.

Baca Juga: Wujudkan Transparansi, Kapolri Launching Aplikasi Dumas Presisi

Dalam sambutannya Rektor UPI Prof. Dr. H. M. Solehuddin mengingatkan kegiatan wisuda merupakan fase awal dalam menjalani kehidupan profesi di tengah-tengah masyarakat.

Rektor berharap lulusan UPI dapat menjaga nama baik almamater dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan.

"Dimana pun anda kelak mengabdi, jagalah nama baik almamater, tetap menjadi penyebar, pencari dan pengamal ilmu, sehingga dapat berkontribusi untuk kemajuan pendidikan dan pembangunan bangsa, " ujar Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan gagasan dan pemikiran terkait dengan Peta jalan Pendidikan Indonesia, yang sedang dirumuskan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Selain kemampuan literasi dan numerasi dalam Peta jalan Pendidikan Indonesia, menurut Rektor Kemdikbud dan DPR perlu mempertimbangkan berbagai komponen penting dalam sistem pembelajaran yang dapat dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat membangun mutu proses belajar siswa.

Jika salah satu dari komponen tersebut tidak dirancang secara cermat, maka Peta Jalan Pendidikan Indonesia hampir tidak memiliki arah yang tepat dan jelas.

"Sejumlah Komponen penting dalam peta jalan Pendidikan Indonesia adalah mutu penyelenggaran LPTK dan PPG, mutu kompetensi dan kinerja guru sebagai jabatan profesional, kurikulum sekolah yang terdiversifikasi, dan Asesmen kompetensi siswa, pemetaan capaian standar dan umpan balik, " tegas Rektor.

Sementara itu Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) UPI Prof. Dr. Idrus Affandi mengingatkan para wisudawan, tentang pentingnya peran pendidik sebagai komponen penentu dalam pembangunan pendidikan Indonesia.

"Dalam merespon perubahan yang sangat dinamis ini, teruslah belajar dan bekerja keras dalam membangun pendidikan di Indonesia, " ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Senat Akademik UPI Prof. Dr. Elly Malihah. Ia berharap, lulusan UPI dapat melakukan kreasi ulang pengetahuan yang berperan dalam pembangunan berkelanjutan.

"Untuk membangun masa depan yang lebih baik, kita diharapkan selalu optimis melahirkan berbagai terobosan dan inovasi, " imbuhnya.

Dari 908 wisudawan gelombang I tahun 2021, empat orang diantaranya lulusan terbaik berdasarkan jenjang (D3, S1, S2, dan S3) yakni:

1. Ima Rahmawati Program Studi Administrasi Pendidikan Jenjang Doktor (S3) Sekolah Pascasarjana dengan IPK 3,99 Cum Laude

2. Agus Rendra Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jenjang Magister (S2) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan IPK 3,95 Cum Laude

3. Reza Arsyad Nurfahmi Fazila Program Studi Ilmu Keolahragaan Jenjang Sarjana (S1) Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dengan IPK 3,88 Cum Laude

4. Muhammad Lutfi Alifian Program Studi Teknik Mesin Jenjang Diploma ( D3) Fakultas Pendidikan Teknologi Kejuruan ( FPTK) dengan IPK 3,58 Sangat Memuaskan.

(Ida)

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

Berita Terkait