STIKIN Sekolah Tinggi Khonghucu Pertama Berdiri di Purwokerto

Foto: Humas Kemenag


Purwokerto, Beritainspiratif.com - Sekjen Kemenag Nizar meresmikan sekaligus memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Sekolah Tinggi Khonghucu Indonesia (STIKIN), Purwokerto yang berlangsung secara luring dan daring. 

Dalam kuliah umumnya secara daring, Sekjen menekankan pentingnya peningkatan kapasitas dosen STIKIN dan tenaga kependidikan agama Khonghucu. Menurutnya, sasaran Pendidikan Tinggi Keagamaan Khonghucu tidak hanya berfokus pada mahasiswa dan lulusan, tetapi dosen-dosen agama Khonghucu juga perlu mendapatkan perhatian. 

“Oleh sebab itu, peningkatan para dosen dapat dilakukan melalui Program Beasiswa Magister bagi dosen rumpun mata kuliah keagamaan, khususnya untuk Program Studi Teologi atau Filsafat Khonghucu,” terang Sekjen dilaman kemenag, Jumat (19/2/2021). 

“Tenaga Kependidikan berlatar belakang agama Konfusius juga perlu mendapat perhatian. Oleh sebab itu, ke depan perlu disiapkan program beasiswa sarjana bagi tenaga kependidikan, sehingga mutu pengelolaan satuan pendidikan keagamaan Khonghucu akan terus meningkat. Hal ini tentunya selaras dengan tujuan peningkatan pendidikan agama Khonghucu,” sambungnya.

 Sekjen Kemenag Nizar

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Dukung Wacana Sanksi Penyegelan 14 Hari

Menurut Nizar, Kementerian Agama sejak lama telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada umat beragama, termasuk Khonghucu. Walaupun infrastruktur yang ada masih kurang memadai, namun pelayanan tetap harus berjalan.  

“Saya berharap Sekolah Tinggi Khonghucu Indonesia (STIKIN) dapat menjadi role model bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Khonghucu yang akan lahir di masa mendatang,” tuturnya.

Kepada mahasiswa mahasiswa program studi Pendidikan Agama Khonghucu STIKIN Purwokerto, Nizar berpesan agar  fokus dan sungguh-sungguh dalam menjalani perkuliahan. Nizar  juga mengajak semua pihak, baik jajaran Kemenag, yayasan dan lembaga agama Khonghucu di Indonesia, untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama agar pelayanan kepada umat Khonghucu di Indonesia semakin baik.  

Turut hadir dalam acara ini, anggota organisasi Konfusius di Malaysia, Secretary General of  International Confucius Association Mr Tan Kee Sang, perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Banyumas, serta civitas akademika STIKIN.

Sejumlah pihak menyampaikan selamat atas dilaunchingnya STIKIN Purwokerto, antara lain: Penasehat International Confucian Association Nyonya Kong Demao, Wakil Ketua Perkumpulan Konfusianisme dan Dekan Nishan  Shengyuan College Profesor Zhang Jian, Ketua Asosiasi Agama Khonghucu Sedunia Doktor Tong Yun Kai, Wakil Ketua Dewan International Confucian Association Chen Qisheng (Zisu), Ketua Umum  The Association of Confucianism Malaysia, Ketua The Association of Moral Uplifting Malaysia, National Yang Ming Chiao Tung University (National Chiao Tung University/NCTU) Profesor Lin Guoxiong, serta Guru Besar National Pingtung University, Taiwan Profesor Yang Jinfu.

Yanis

Baca Juga:

1. Program Sedekah100, Solusi Masalah Anda Dengan Cara Berbagi

2. Rumah-murah-Rp200-juta-dekat-gor-persib-GBLA dan Stasiun Kereta Cepat Tegalluar

3. Rumah Modern Minimalis, View Danau di Bandung Barat Harga Rp300 Jutaan

Berita Terkait