99,9% Sampah Plastik Terdapat Di Laut Pasifik



Bandung, Beritainspiratif.com - Berdasarkan penelitian terbaru dari The Ocean Cleanup Foundation, Delta, Belanda seperti dilaporkan BBC bahwa terdapat 99,9% puing sampah plastik di Laut Pasifik.

Setidaknya, 46% diantaranya adalah jaring ikan dan lebih dari tiga perempat ya adalah benda-benda berukuran lebih besar seperti plastik keras, lembaran plastik dan film (CD). Termasuk kontainer, botol, tutup, tali pengikat dll.

Lima puluh item sampel yang diteliti, terdapat tulisan tahun pada benda tersebut yakni satu dari 1977, tujuh berasal dari 1980, 17 dari tahun 1990, 24 dari tahun 2000, dan satu tahun 2010.

Seperti dilansir dari Pikiran Rakyat.com, setiap tahunnya jutaan ton plastik mengalir ke sungai. Beberapa diantaranya ikut terakumulasi dengan siklus arus laut yang besar, membentuk pilin atau gyres. Setelah masuk ke gyres, plastik akan terurai menjadi mikroplastik yang melebur dengan biodata laut.

Dari hasil pemetaan sampah yang dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun menunjukan jumlah polusi plastik yang berlipat ganda. Mikroplastik menyumbang 8 persen dari total massa plastik yang mengapung di area seluas 1,6 juta km persegi.

(Kaka)

Berita Terkait