Hancurkan Sampah Luar Angkasa Tak Semudah Membalikan Tangan



Sidney, Beritainspiratif.com - Pimpinan perusahaan lembaga EOS Space System Profesor Craig Smith di Mount Stromlo Canberra, mengatakan bahwa peneliti telah mengembangkan laser bertekanan foton yang bisa menggerakkan puing-puing luar angkasa, dan mengubah orbit mereka untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di luar angkasa.

"Dengan sistem pelacakan laser, kami melacak objek dan memprediksi tabrakan dengan akurasi tinggi," kata Profesor Smith.

Dilansir dari Liputan6, disebutkan jika sepotong sampah luar angkasa tampak seperti hendak tabrakan dengan potongan lain, maka laser akan digunakan untuk mengubah orbitnya.

Langkah selanjutnya adalah meningkatkan daya menjadi laser yang lebih besar dan lebih besar.

"Kemudian kami bisa mulai memindahkannya ke orbit satelit dengan mengurangi kecepatannya sehingga bisa mengubah ketinggian orbit," ujar Profesor Smith.

Namun, Profesor Smith mengatakan bahwa para ilmuwan harus memastikan mereka tidak membelah puing menjadi dua, yang kemudian akan menambah jumlah sampah luar angkasa di orbit.

"Masalah sebenarnya adalah anda membuatnya lebih sulit. Jika mereka menjadi lebih kecil mereka menjadi lebih sulit dan makin sulit untuk dilacak, dan karena itu mereka mulai menjadi tidak terlihat - tetapi juga masih mematikan untuk satelit."

Seperti yang dilansir dari Australia Plus Kamis 22 Maret 2018, sampah luar angkasa adalah masalah nyata yang bisa menyebabkan bencana bagi manusia di Bumi. Sekarang para ilmuwan Australia sedang menciptakan laser canggih yang berbasis di daratan, untuk menembak sampah-sampah tersebut.

Sampah luar angkasa (spaces junk) adalah berbagai satelit alat peluncurnya yang sudah habis masa berlakunya dan terus melayang di luar angkasa.

(Kaka)

Berita Terkait

  • Pemilu & Pilres
  • 05 Feb 2023
Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024