Masuk Polisi Gratis,  Jangan Percaya Calo



Bandung,  Beritainspiratif. com-Polda Jawa Barat menggelar sosialisasi serentak, terkait  Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A. 2018 dengan membagikan 10.000 kaos dan 100.000 brosur kepada masyarakat.

Acara yang digelar Minggu (18/3) bertempat di Gazibu Bandung, CFD Dago, terminal dan pasar begitupun Polres melaksanakan kegiatan di wilayah Polres Masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dipimpin Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol. Dhani Kristianto SIK.

Hadir dalam acara tersebut seluruh Kabag Ro SDM Polda Jabar, anggota Biro SDM Polda Jabar, Panitia Sosialisasi  Polda Jabar, para Kabag sumda Jajaran  beserta para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, Polres di Jajaran Polda Jabar.

Sementara itu  sosialisasi dilakukan dengan cara  pembagian brosur 100.000 lembar, pembagian kaos 10.000 kaos, penyampaian materi sosialisasi penerimaan terpadu anggota Polri secara langsung kepada masyarakat.

Sasaran atau obyek sosialisasi,  yaitu masyarakat umum (prioritas untuk masyarakat kelas menengah ke bawah), sopir, pedagang dan buruh, pengunjung Car Free Day, anak sekolah SMA & SMK serta komunitas. Untuk kesuksesan acara disiapkan sarana dan Prasara yg dipergunakan, yakni spanduk, banner, papan sosialisasi, brosur dan kaos.

Adapun rincian kegiatan pelaksanaan sosialisasi secara serentak dalam rangka Penerimaan Anggota Polri Terpadu TA. 2018, yaitu :  pukul 06.00  WIB pelaksanaan apel dan pembagian tugas bertempat di lapangan Gazibu, pukul 07.00-11.00 WIB pelaksanaan sosialisasi sesuai dengan pembagian tugas yang telah diberikan dan pukul 11.00 WIB konsolidasi dan analisa evaluasi.

Kegiatan sosialisasi  tersebut merupakan bagian dari upaya biro SDM memberikan edukasi kepada masyarakat Jabar.  Dimana kaos yang dibagikan terdapat kata - kata yang memberikan edukasi kepada masyarakat, seperti : Masuk Polisi Secara Gratis, Jangan percaya pada calo, Laporkan bila ada yang meminta imbalan uang dan lain lain.

Dengan harapan besar semua masyarakat mengetahui bahwa menjadi anggota polri tidak dipungut biaya / gratis, apabila ada orang yg meminta sejumlah uang / calo dapat dilaporkan kepada kepolisian terdekat untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Sosialisasi ini juga dilaksanakan untuk mengetahui secara jelas bagaimana cara masuk polisi, juga dibagikan 100.000 lembar brosur kepada masyarakat di wilayah Jabar. Dalam brosur dijelaskan secara detail apa yang harus disiapkan untuk menjadi seorang polisi.

Dengan adanya sosialisasi diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang masuk polisi. Karena di masyarakat sering mendengar bahwa masuk polisi harus bayar, panitia melakukan KKN dan tidak transparan dalam pelaksanaannya.

Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin paham dan mengerti dalam melihat proses rekrutmen seleksi penerimaan anggota polri.

Turut mendukung proses rekrutmen yang bebas dari KKN, Betah ( bersih , transparan, akuntabel dan humanis ) dan  gratis tanpa bayar bayaran.

Apabila masyarakat  menemukan hal-hal yang menyimpang atau melanggar dalam prosesnya , seperti : ada panitia yang dapat membantu meloloskan, meminta uang dan lain -lain segera melaporkan kepolisian terdekat/Nomor hotline

082240035757 .

Sehingga proses rekrutmen dapat terlaksana dengan baik dan lancar, mendapatkan bibit calon anggota Polri yang berkualitas, unggul dan kompetitif.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan serentak diseluruh Polres se-Jawa Barat berlangsung dengan lancar dan tertib. (Dudy)

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta