Aktifitas Tidur yang Sehat Ala Nabi Muhammad SAW



Bandung, Beritainspiratif.com - Tidur merupakan rutinitas sehari-hari yang paling ditunggu, apalagi setelah seharian beraktifitas yang melelahkan.

Begitu lelahnya dengan rutinitas, tanpa berpikir panjang lagi ketika melihat kasur langsung tertidur pulas. Padahal ada beberapa sunah rasul yang bisa kita jadikan pegangan bila tidur kita ingin bernilai ibadah.

Cara tidur Rasulullah seperti dalam hadist yang diriwayatkan Abu Barzah radhiyallahu ‘anhu :“Bahwasanya Rasulullah SAW membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” [Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647(235)].

1. Tidurlah dalam keadaan suci dari hadast kecil (berwudhu).

Salah satu dari manfaat yang tersembunyi adalah melancarkan darah dan meregangkan otot setelah seharian beraktifitas. Seperti dalam hadist Rasulullah SAW:“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tempat tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

2. Mulailah membaringkan badan dengan posisi bagian kanan tubuh sebagai tumpuannya (rusuk bagian kanan). Meskipun setelah itu akan berubah ke posisi kiri (bertumpu pada rusuk kiri). Seperti dalam sabda Rasulullah SAW :“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Posisi tidur yang dianjurkan oleh sunnah Rasulullah selain bertumpu pada posisi bagian kanan tubuh yaitu meletakkan tangan kanan pada pipi kanan bagian bawah.

Seperti dalam sabda Rasulullah SAW :“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (Hadist Riwayat Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350).

3. Kapan dan dimanapun anda berada janganlah tidur dengan posisi perut dibawah (telungkup dengan menjadikan perut sebagai tumpuannya).

Seperti dalam hadist Rasulullah SAW :“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (Hadist Riwayat Abu Dawud dengan sanad yang shohih).

4. Sebelum anda membaringkan badan pada tempat tidur hendaklah membaca Ayat Kursi, membaca dua ayat terakhir dari surat Al- Baqoroh. Mengatupkan dua telapak tangan lalu ditiup dan dibacakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas kemudian dengan dua telapak tangan mengusap dua bagian tubuh yang dapat dijangkau dengannya dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan.

Hal ini diulangi sebanyak 3 kali (Hadist Riwayat Al-Bukhari dalam Fathul Bari XI/277 No. 4439, 5016 (cet. Daar Abi Hayan) Muslim No. 2192, Abu Dawud No. 3902, At-Tirmidzi) dan setelah itu bacalah doa ini sebagai akhir dari doa tidur :

باسمك ربيوضعت جنبي وبك أرفعه إن أ مسكت نفسي فا ر حمها و إ ن أ ر سلتها فاحفظها بما تحفظ به عبادك الصا لحين

“Bismikarabbii wa dho’tu jambii wa bika arfa’uhu in amsakta nafsii farhamhaa wa in arsaltahaa fahfazhhaa bimaa tahfazha bihi ‘ibaadakasshaalihiin.”

Yang artinya : “Dengan Nama-Mu, ya Rabb-ku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan Nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, Abu Dawud No. 5050 dan At-Tirmidzi No. 3401).

5. Ketika dalam tidur anda ingin merubah posisi tidur (dari satu sisi ke sisi lain) maka disunnahkan untuk mengucapkan doa berikut :

لا إ له إ لاالله الواحدالقهاررب السماوات واﻷرض ومابينهماالعز يزالغفار

“laa ilaha illallahu waahidulqahhaaru rabbussamaawaati wal ardhi wa maa baynahumaa ‘aziizulghaffaru“.

Yang artinya : “Tidak ada Illah yang berhak diibadahi kecuali Allah yang Maha Esa, Maha Perkasa, Rabb yang menguasai langit dan bumi serta apa yang ada diantara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun.” (Hadist Riwayat Al-Hakim I/540 disepakati dan dishohihkan oleh Imam adz-Dzahabi).

6. Jika merasa tidak bisa tidur dikarenakan merasa gelisah dan merasa takut tidur malam maka kepada mereka

dianjurkan untuk membaca doa berikut :

أعوذ بكلمات الله التامات من غضبه و شرعباده ومن همزات الشيا طين وأن يحضرون

“A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun“.

Yang artinya : “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan dan dari kedatangan mereka kepadaku.” (Hadist Riwayat Abu Dawud No. 3893, At-Tirmidzi No. 3528 dan lainnya).

7. Tidur Rasulullah SAW selalu memakai celak mata pada saat beliau hendak tidur malam, berdasarkan hadits Ibnu Umar:“Bahwasanya Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa memakai celak dengan batu celak setiap malam sebelum beliau hendak tidur malam, beliau sholallahu ‘alaihi wassalam memakai celak pada kedua matanya sebanyak 3 kali goresan.” (Hadist Riwayat Ibnu Majah No. 3497).

8. Membersihkan tempat tidur sebelum tidur adalah salah satu bagian dari sunnah maka bersihkanlah tempat tidur menggunakan kain yang bersih dengan cara mengibaskan pada tempat tidur sembari mengucapkan ‘bismillah’ seperti dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW :“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (Hadist Riwayat Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050).

9. Ketika anda sudah terbangun maka dianjurkan untuk tidak langsung berdiri dari pembaringan (tempat tidur) dan kemudian membaca doa seperti berikut :

الحمد لله الذي أحيانابعدماأماتناوإليه النشور

“Alhamdulillahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilayhinnusyuur.”

Yang artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 6312 dan Muslim No. 2711).

(Kaka/kaum hawa.com)

Berita Terkait