'Rail Express' Layani Kiriman Barang dari Stasiun ke Stasiun, Aman dan Murah



Bandung, Beritainspiratif.com - Rail Express yang merupakan layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk jasa angkutan retail station to station, semakin diminati masyarakat.

Pada periode Juni 2020, PT KAI Daop 2 Bandung telah melayani 1.120 ton barang retail dengan Rail Express, naik 54% dibanding Mei 2020 yang tercatat sebesar 726 ton.

“Kami sangat mengapresiasi pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat, aman,” ujar Manajer Humas Daop 2, Noxy Citra dalam rilisnya, Senin (27/7/2020).

Baca Juga:Terkait-masker-pemkot-bandung-terapkan-sanksi-sosial-bukan-denda

Tarif murah menjadi salah satu keunggulan Rail Express. Misalnya untuk rute Bandung ke Jakarta tarifnya hanya Rp 600/kg dan Bandung ke Surabaya Kota hanya Rp1.400/kg. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC.

“Meski murah, KAI tetap menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal,” ujar Noxy.

Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail, di antaranya paket, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya. Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan. Layanan Rail Express di Daop 2 tersedia di 6 stasiun yaitu stasiun Bandung, stasiun Kiaracondong, stasiun Leles, stasiun Cipeundeuy, stasiun Tasikmalaya dan stasiun Banjar.

Khusus untuk bahan pangan, Rail Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur.

Di bulan Juni angkutan pangan yang dilayani sebanyak 83 ton, meningkat 67% dibanding bulan Mei sebanyak 57 ton.

“Rail Express membuka kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditi termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke berbagai tujuan,” tambah Noxy.

Pada Juni lalu bahan pangan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikirim melalui Rail Express di Daop 2, yakni makanan olahan diantaranya seperti bakso aci, bolu, kue kering dan siomay, dengan tujuan terbanyak ke arah timur mulai dari Kroya sampai Surabaya Kota. Sementara sisanya merupakan bahan pangan yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, telur, daging, rempah-rempah, dan bahan pokok.

(Ida)

Berita Terkait