Cirebon Power dan Warga Rekondisi Pesisir Pantai Cirebon



Cirebon, Beritainspiratif.com - Cirebon Power dengan Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formas PL), Selasa (13/3), melakukan rekondisi pesisir pantai Cirebon, dengan melakukan penanaman ribuan mangrove di pesisir pantai.

Kegiatan ini merupakan kegiatan regular lanjutan yang sudah pernah dilakukan oleh Cirebon Power sebelumnya.

Head Of CSR Cirebon Power, Hafid Saptandito mengatakan, pihaknya sudah melakukan pelestarian lingkungan disekitar wilayah pesisir pantai Cirebon sejak tahun 2011 lalu. Hingga tahun 2017, sudah 70 ribu batang mangrove yang ditanam di pesisir Cirebon.

Kegiatan tersebut ujar Hafidz, untuk menjaga lingkungan pesisir pantai Cirebon dari tingginya angka abrasi pantai yang terjadi.

“ Ini kegiatan lanjutan, tahun-tahun sebelumnya juga sudah kita lakukan. Ini bentuk komitmen kami untuk turut berperan menyelamatkan pesisir Cirebon yang kian terancam abrasi” kata Hafid, Selasa.

Untuk bisa lebih aktif menjaga dan melestarikan lingkungan, Cirebon Power menggandeng Formas PL untuk bisa menghasilkan bibit-bibit pohon, yang nantinya akan disebar dan ditanam di sejumlah wilayah di Cirebon.

Hafidz menjelaskan, selain mangrove, Formas PL juga mengembangkan bibit-bibit pohon lainnya, yang bisa ditanam untuk menjaga lingkungan.

“ Bukan cuma menanam, kami juga mengembangkan Rumah Bibit, yang menyipakan riabuan bibit mangrove, pohon peneduh dan buah-buahan yang bisa disalurkan ke desa-desa yang membutuhkan, melalui Formas PL” kata Hafidz.

Selain itu, warga yang tergabung dalam Formas PL juga rutin melakukan silaturahmi lingkungan, yaitu untuk memantau dan memelihara pertumbuhan tanaman di titik-titik penghijauan. Silaturahmi lingkungan ini, nantinya akan mengingatkan warga untuk tetap menjaga lingkungan, sekaligus memantau perkembangan wilayah yang sudah dilestarikan.

“ Kami ingin setelah ditanam, bakau dan bibit pohon tumbuh dan berkembang, demi kelestarian lingkungan.” kata Hafid.

Untuk saat ini, Cirebon Power akan melakukan penanaman mangrove di tiga titik. Masing-masing titik penanaman, nantinya akan dibantu oleh Kelompok Masyarakat Pengawas ( Pokmaswas ) dimasing-masing wilayah. Tiga wilayah tersebut yaitu Pesisir Waruduwur, Mundu Pesisir dan Muara Sungai Kanci. Pada hari ini, pihaknya dibantu masyarakat dan pecinta lingkungan, menanam 5 ribu pohon mangrove di pesisir Desa Waru Duwur.

“ Di Waruduwur, kita dibantu oleh Pokmaswas Bintang Samudra” kata Hafid.

Warsita, salah satu anggota Pokmaswas Bintang Samudra menuturkan, pihaknya mengaku sangat terbantu dengan kepedulian Cirebon Power terhadap lingkungan sekitar. Karena menurutnya, dengan adanya penananaman mangrove ini, maka bisa membantu masyarakat dalam mencegah terjadinya abrasi pantai yang cukup cepat terjadi di pesisir pantai Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, Warsita juga meminta masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan sekitar, salah satunya  menjaga kelestarian mangrove yang ditanam oleh Cirebon Power dan masyarakat. Menurut Warsita, kesinambungan kehidupan masyarakat pesisir sangat tergantung pada kelestarian ekosistem bakau.

“ Kami meminta kepada masyarakat, untuk ikut menjaga mangrove yang kita tanam, terutama agar tetap bisa hidup. Karena ini juga demi kebaikan bersama, untuk menjaga dari abrasi pantai,” ujar Warsita.(Charles)

Berita Terkait