Kunjungi Situ di Depok, Ini Gagasan Ridwan Kamil



Depok,Beritainspiratif.com - Kandidat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan ide dan gagasannya membangun situ di kota Depok, jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jabar pada 27 Juni mendatang. Gagasannya adalah menjadikan puluhan situ di Depok itu sebagai tempat wisata yang keren.

"Saya sudah berdialog dengan tokoh masyarakat disini, dan Insya Allah situ ini akan menjadi tempat keren seperti tempat-tempat di Bandung," kata Kang Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung yang tengah cuti ini saat berkunjung ke Situ Rawa Kalong, Depok, Sabtu (10/3).

 

Situ Rawa Kalong adalah salahsatu Situ dari puluhan Situ yang ada di kota Depok.

Dari hasil menyerap aspirasi dan belanja masalah itulah, arsitek ini langsung membuat sketsa gambar perencanaan tata ruang situ. Di gambar itu terlihat gambar situ Rawa Kalong yang cukup luas yang dikeliling oleh taman dan pepohonan, disisi lainnya ada area untuk olahraga, dan dermaga kecil tempat tambatan perahu kecil atau tempat untuk berselfie, boardwalk, dan di sisi lainnya ada ampitheater.

 

Menggambar sketsa tata ruang ini bukan sekali ini saja dilakukan oleh Kang Emil. Saat berkunjung ke kampung nelayan Muara Gembong, Kang Emil juga menggambar sketsa untuk menata kawasan Muara Gembong menjadi kampung nelayan yang tertata dan indah, serta menggiatkan ekonomi warta setempat.

 

"Penataan ini tujuannya agar warga bahagia sekaligus dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Karena ada pelibatan masyarakat dalam memberdayakan ekonomi,” ujar Kang Emil.

Menurut dia, jika Kota Depok yang memiliki 20 Situ itu ditata situnya, diajak masyarakatnya untuk mengembangkan ekonomi lokal, maka ini dapat menjadi potensi besar dibidang pariwisata.

“Di Bandung saja, tembok yang digambarin jadi tempat selfie, apalagi situ sebagus ini kalau ditata lebih baik, pasti banyak wisatawan datang ke Depok,” ujar Kang Emil yang mengagumi kota Depok karena memiliki banyak Situ.

 

Dia yakin, jika Situ Depok ditata dengan baik ada pelibatan masyarakat di situ, maka salah satu program RINDU, yakni meningkatkan pariwisata di tahun pertama akan tercapai. Dia menyayangkan Situ Rawa Kalong yang indah tak terawat.

“Bahkan airnya tercemar limbah pabrik. Padahal kalau ditata dengan baik akan menjadi potensi wisata menarik di Depok,” tukas Kang Emil. (Charles)

Berita Terkait