Putra Bangsa Gugur dalam Misi Perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo



Jakarta, Beritainspiratif.com - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya Serma Rama Wahyudi, salah satu putra bangsa yang ditugaskan pada misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo (MONUSCO), 23 Juni 2020.​​

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada Alm. Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaian dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan", ujar Menlu Retno dilaman resmi Kemenlu.

Baca Juga:yana-kembali-ingatkan-pusat-perbelanjaan-disiplin-dalam-terapkan-protokol-kesehatan

Berdasarkan laporan yang diterima dari MONUSCO, sejauh ini terdapat 2 korban personel Indonesia dari pertempuran bersenjata di wilayah Kongo tersebut. Serma Rama Wahyudi, dinyatakan meninggal dunia, sementara korban lainnya. Prt M Syafii Makbul, masih dalam perawatan intensif.

“DK PBB telah mengutuk keras serangan kepada MONUSCO dan meminta otoritas Kongo untuk melakukan investigasi dan membawa pelakunya ke meja pengadilan", ucap Menlu Retno lebih lanjut.

Baca Juga:Refocusing-untuk-covid-19-anggaran-dbmpr-jabar-tahun-2020-tinggal-239%

Indonesia, sebagai kontributor personel misi perdamaian PBB terbesar ke-8 di dunia, senantiasa aktif menyerukan perlunya peningkatan keamanan dan keselamatan personel misi perdamaian PBB pada forum – forum PBB.

MONUSCO adalah misi pemelihara perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo, dan merupakan misi PBB terbesar ke-2 di dunia. Saat ini terdapat 1.047 orang personel dari Indonesia yang ditugaskan disana. (*)

Berita Terkait