Enam Ribu Kepala Desa dan Lurah se Jabar Pekan ini Ikuti Jambore Desa 2019 di Ciamis



Bandung,Beritainspiratif.com - Sebanyak enam ribu Kepala Desa dan Lurah se Jawa Barat, akan mengikuti Jambore Desa yang digelar ahir September 2019 di Ciamis.

Kegiatan ini digelar selama dua hari pada tanggal 27-28 September 2019 di desa Sidaharja Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis.

Tahun ini Jambore Desa mengangkat tema "Ciri Sabumi Cara Sadesa, Bersama Membangun Menuju Jabar Juara".

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) prov. Jawa Barat Wahyudin mengatakan, para kepala desa dan Lurah memeriahkan jambore ini dengan dialog bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Mereka juga akan mendapat pembekalan dari Kementerian Desa, terkait pembangunan desa dan kelurahan.

"Kegiatan ini merupakan upaya pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan di Jabar. Khususnya pembinaan dalam pelaporan bantuan keuangan," katanya pada acara Japri di gedung Sate kota Bandung, Rabu (25/9/2019).

Menurut Wahyudin, sejak tahun 2014 seluruh desa di Jabar menerima bantuan keuangan infrastruktur dan tambahan penghasilan. Saat jambore nanti, mereka diminta untuk melaporkan hasil bantuan yang sudah diberikan, termasuk kendala dalam pelaksanaannya.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Bina Desa DPMD Jabar Wardana, setiap tahunnya desa menerima bantuan Rp115 juta terdiri atas bantuan keuangan infrastruktur Rp100 juta dan tambahan penghasilan perangkat desa Rp15 juta.

"Tahun 2019 ini bantuan bertambah menjadi Rp127,8 juta, karena ada tambahan bantuan Hand Phone (HP) untuk seluruh RW," ujarnya.

Bantuan dari pemprov. Jabar tersebut, kata Wardana dalam upaya mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa.

Berdasarkan index desa membangun tahun 2019 yang diterbitkan Kementerian Desa, dari 3.512 desa di Jabar, 98 desa diantaranya saat ini sudah masuk dalam kategori desa mandiri.

"Di Jabar tidak ada lagi desa sangat tertinggal. Sedang jumlah desa mandiri mengalami peningkatan, dari 38 desa tahun lalu menjadi 98 desa di tahun 2019," katanya. (Ida)

Berita Terkait