Harganas, Plt Bupati Cirebon, Ajak ASN Jadi Contoh Masyarakat



Cirebon,Beritainspiratif.com - Upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 26 tingkat Kabupaten Cirebon digelar dihalaman Kantor Bupati Cirebon, Senin (01/7/2019) Plt Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, memimpin langsung upacara yang diikuti oleh seluruh SKPD dilingkungan Pemkab Cirebon itu.

"Hari keluarga ini merupakan hari yang vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena baik buruknya anak-anak sebagai generasi bangsa berawal dari keluarga," kata Imron Rosyadi usai upacara.

Menurut Imron, peran keluarga sangat vital dalam proses tumbuh kembang anak. Anak bisa tumbuh baik atau tidak, ada pada keluarga. Vitalnya peran keluarga juga banyak tersirat dalam ayat-ayat Al-Qur'an yang mengingatkan manusia akan pentingnya menjaga keluarga.

"Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu adalah cobaan. Ayat lainnya juga menyebutkan, Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. Itu karena keluarga adalah awal dan selalu awal," ujar Plt Bupati.

Dalam moment Harganas ini, Imron mengajak kepada semua pejabat dilingkungan Pemkab Cirebon untuk bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam kehidupan berkeluarga.

"Mari kita mulai dari diri kita, saya berharap para pegawai Pemda bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat bahwa keluarga kita baik," paparnya.

Ditempat terpisah, Kabid Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, H. Dedi Supriadi, menjelaskan, peringatan Harganas pada tahun ini jatuh pada 29 Juni 2019. Namun karena tanggal 29 Juni jatuh pada hari libur, maka pelaksanaan upacara peringatan Harganas baru dilaksanakan pada Senin (1/7/2019) kemarin.

Dikatakan Dedi, sudah banyak upaya yang dilakukan DPPKBP3A dalam pengendalian penduduk di Kabupaten Cirebon. Bahkan, Dinas juga bukan hanya sekedar berupaya mengendalikan penduduk, melainkan juga berupaya mewujudkan keluarga yang seimbang menuju keluarga yang sejahtera.

"Jadi kalau terencana semua akan lebih mudah," ujar Dedi.

Meski demikian, lanjut Dedi, upaya mewujudkan keluarga tersebut bukan tanpa kendala. Bahkan, hingga saat ini sejumlah kendala masih menghadang didepan mata. Salah satunya yaitu masih ditemukannya masyarakat yang menikah diusia muda atau belum memenuhi batas usia alias belum cukup umur. Sehingga, dari kondisi tersebut akan timbul kasus melahirkan yang susah dan menjadi keluarga yang kurang mampu.

"Nantinya jadi keluarga yang kurang mampu karena mempunyai anak lebih dari dua," papar Dedi.

Melalui program KB, imbuh Dedi, pihaknya mengarahkan masyarakat untuk memakai Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti Intrauterine device (IUD) dan implan. "Pada umumnya masyarakat masih banyak yang memakai alat kontrasepsi non MKJP yang riskan kehamilan seperti suntik, pil dan kondom," terangnya.

Gerakan mengajak masyarakat menggunakan alat kontrasepsi MKJP itu sudah disosialisasikan melalui berbagai macam media dan gerakan kader pos KB serta pos yandu. Ia berharap, momen peringatan Harganas diharapkan bisa mem-bumingkan kembali program Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Cirebon. (Dekur)

Berita Terkait