Berusia 200 Tahun ? Manusia Tertua dari Blitar Meninggal di Bulan Ramadhan Ke-17



Blitar, Beritainspiratif.com - Mbah Harjo Suwito atau Harjo Gentelot, yang telah berusia 200 tahun pada 2018 silam, warga Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, yang viral di media social, meninggal pada malam ke-17 Ramadhan saat Nuzulul Quran Selasa (21/5/2019) sore.

Meninggalnya warga Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, ini sebelumnya mengalami sakit degeneratif. Namun pria dengan enam istri ini menolak dibawa ke layanan medis untuk berobat.

"Sebelumnya sempat diajak oleh Kapolsek Gandusari untuk berobat namun beliau tidak mau. Akhirnya menghembuskan nafas terakhir kemarin sore," kata Kasubag Humas Polres Blitar Iptu M Burhanudin seperti diungkap detikcom, Rabu (22/5/2019).

Berdasarkan catatan kependudukan di Kantor Desa Gadungan, Mbah Harjo lahir 1 Juli 1925. Namun kepala desa yakin, sesepuh desa itu lebih tua dari tahun kelahiran yang tercantum di datanya.

Mbah Harjo diakui sebagai sesepuh dan panutan di desanya. Selama masa mudanya, dia dikenal mempunyai keahlian menemukan beberapa candi dan situs bersejarah lain di sisi utara wilayah Kabupaten Blitar.

[Yanis]

Berita Terkait