Dirut Pegadaian : Transformasi di Era Digital Sangat Diperlukan Guna Hadapi Berbagai Tantangan



Bandung, Beritainspiratif.com – Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto memberikan kuliah umum kepada sejumlah mahasiswa Unpad di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Senin (25/2/2019).

Kuswito menyampaikan bahwa setidaknya ada empat kunci sukses menjalani pendidikan. Kunci pertama adalah memperhatikan pergaulan. Menurut Kuswiyoto, jika mau menjadi pintar maka penting untuk bergaul dengan orang-orang pandai. Biasanya, sifat atau hobi seseorang akan mirip dengan orang-orang yang menjadi kawan terdekatnya.

“Kalau mau pintar, bergaullah sama orang pintar. Dan yang pintar jangan malu gaul sama yang kurang pintar. Karena anak pintar ngajarin anak yang kurang pintar, ilmunya pasti nambah,” ujar Kuswiyoto.

Kunci sukses selanjutnya adalah menyukai materi pelajaran. Jika tidak menyukai pelajaran, minat untuk belajar pun tidak akan muncul.

“Ingat kalian harus suka sama pelajaran, kalau enggak buka bukunya saja malas,” ujarnya.

Kunci sukses ketiga menurut Kuswiyoto adalah jangan pernah membenci dosen. Seringkali rasa benci pada dosen membuat semangat untuk kuliah pun menjadi turun. Terakhir, kunci sukses menurut Kuswiyoto adalah bangga pada almamater sehingga menumbuhkan semangat saat menjalani kuliah.

“Itu kunci-kunci kalau kita mau sukses di sekolah dan nanti tolong diterapkan di lingkungan kerja,” ujar Kuswiyoto.

Di hadapan para mahasiswa, Kuswiyoto memaparkan transformasi PT. Pegadaian (Persero) di era digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, perubahan pola hidup masyarakat, dan perkembangan bisnis global, transformasi sangat perlu dilakukan untuk menghadapi berbagai tantangan.

Kuswiyoto menjelaskan bahwa selain menumbuhkan bisnis pergadaian sebagai bisnis utama, Pegadaian juga memiliki strategi untuk mengembangkan peluang bisnis baru. Selain itu Pegadaian juga berupaya mengembangkan kualitas sumber daya manusia, memanfaatkan teknologi generasi terkini, dan membangun budaya perusahaan yang hebat.

Kuliah umum tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Serial Kuliah Umum Direktur Utama BUMN yang digelar Unpad BUMN Center of Excellence (Unpad-BCE). Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt.

“Ini adalah salah satu cara Unpad untuk mentransformasikan sistem pendidikan. Jadi dalam melakukan pembelajar kepada mahasiswa tidak hanya memberikan pelajaran-pelajaran yang sifatnya kulikuler terkait dalam silabus dan kurikulum, tetapi juga kita mendekatkan para mahasiswa dengan pengalaman-pengalaman yang dapat diambil dari para senior atau para tokoh yang memang mempunyai bebagai ilmu yang kira-kira bermanfaat untuk softskill mereka,” ungkap Dr. Keri dilaman resmi Unpad.

Dr. Keri pun berharap kerja sama dengan Pegadaian akan terus berlanjut, diantaranya adalah kesempatan magang bagi mahasiswa Unpad di Pegadaian. Kesempatan magang ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kedua belah pihak.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis dana beasiswa senilai Rp 120 juta dari PT Pegadaian (Persero) kepada mahasiswa Universitas Padjadjaran sebagai bentuk Corporate Social Responsibillity.

(Yanis)

Berita Terkait