Pemerintah Daerah Jangan Ragu Biayai Penelitian!



Bandung, Beritainspiratif.com - Hasil riset atau penelitian sejatinya bisa dimanfaatkan dan bermanfaat untuk publik atau lembaga tertentu, sebagai bagian dari inovasi dan kemajuan.

Namun, terkadang ada keraguan dari pemerintah untuk membiayai penelitian, karena biaya mahal dan hasilnya cuma sebuah kertas.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, anggapan seperti itu keliru. Penelitian merupakan hal penting, untuk kemajuan dan pengembangan.

“Pemerintah terkadang ragu untuk membiayai riset dan penelitian, karena mahal dan ada anggapan hasilnya cuma kertas. Itu sangat salah,” ujar Wagub Uu pada Kolokium Hasil Riset Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Jawa Barat Tahun 2018 di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Kamis (29/11/18).

Menurut Uu, penelitian sangat penting untuk kemajuan dan pengembangan. Pemerintah tidak bisa membuat keputusan yang bersifat sosial, pemerintahan, kemasyarakatan, apabila tidak ada riset terlebih dahulu.

“Apabila pemerintah tidak ada terobosan dalam melayani masyarakat, kita akan ketinggalan dengan daerah lain. Jabar berlari untuk mengejar ketertinggalan dengan provinsi lain,” ujar Uu.

“Kami mendorong adanya riset melalui keberpihakan dengan anggaran di masa yang akan datang,” tambahnya.

Acara Kolokium yang digelar untuk ketiga kalinya ini, mengambil tema “Riset Kreatif untuk Mendukung Jabar Juara Berbasis Inovasi dan Kolaborasi”.     (Ida)

Berita Terkait