Ebiet G Ade Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Bersama Glenn Fredly



Jakarta, Beritainspiratif.com – Ebiet G Ade dan Glenn Fredly, dua dari 51 seniman Indonesia, menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi (AKPM) pada 2018 yang telah digelar sejak tahun 2012, dan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diumumkan pada Selasa (25/9) dikutip dari laman Kemdikbud.ri

51 Seniman Penerima penghargaan terbagi dalam delapan kategori, dan selain Ebiet dan Glenn, ada pula koreografer yang mengarahkan tarian acara pembukaan Asian Games 2018 yaitu Eko Supriyanto

Kemendikbud menyampaikan proses penyeleksian sudah dilakukan sejak Februari awal, dan rampung pada Agustus 2018.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, menyampaikan bahwa acara ini adalah penanda dalam memaknai momen penghargaan, bahwa Indonesia memiliki komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan agar tetap mengakar dengan cara menghargai tokoh/insan Indonesia yang secara konsisten terus berkarya dan berkontribusi secara aktif dan intens.

Dalam penganugerahan tersebut, ada Dua seniman yang mendapatkan tanda kehormatan dari Presiden RI berupa kategori Bintang Budaya Parama Dharma, yaitu RM Soedarsono di bidang karya seni tari dan mendiang RJ. Katamsi Martorahardjo yang berkecimpung di bidang seni rupa.

Terdapat delapan seniman menerima tanda kehormatan dari Presiden RI berupa kategori Satyalencana Kebudayaan, meliputi budayawan Hamzah Daeng Mangemba (alm.), sastrawan Ashadi Siregar, sastrawan Yoseph Rawi, seniman teater Tubagus Oemay Martakusumah (alm.), penenun Sahidah, musisi Ebiet G. Ade, dan perupa But Muchtar (alm.) serta Ida Bagus Njana (alm.).     (Yanis)

Berita Terkait