Berbagai Jenis Ternak Ramaikan Kontes Ternak 2018 Ke - 37 Tingkat Jawa Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Sebanyak 699 ekor binatang ternak akan dari berbagai daerah akan mengikuti kontes Ternak Tingkat Jawa Barat yang ke - 37.

Kontes yang akan digelar di Lapangan Dadaha, Jl.Lingkar Dadaha No 246 Cihideung Kota Tasikmalaya ini rencananya akan dilaksanakan 18-19 Juli 2018.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Jabar DR. Ir. Dewi Sartika yang akrab dipanggil Ike, Jumat (13/7) kepada wartawan menjelaskan acara tersebut merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Peternakan Jawa Barat sejak tahun 1981 untuk kontes ternak dan tahun 2015 untuk panen pedet ini bertujuan meningkatkan penyediaan bakalan ternak yang memiliki kualitas dan kuantitas.

Adapun dari 699 ekor ternak yang mengikuti kontes ini meliputi:

a. Kontes ternak 299 ekor terdiri dari: sapi perah 36 ekor, sapi potong 54 ekor, kambing PE 37 ekor dan domba Garut 172 ekor

b. Panen Pedet sapi hasil inseminasi buatan sebanyak 200 ekor

c. Ayam Pelung sekitar 200 ekor yang merupakan perwakilan dari kab/kota atau HIPAPPI Cabang kab/kota.

Kegiatan ini pun diikuti peserta dari sejumlah daerah di Jawa Barat seperti Kota/Kab Bogor, Kota/Kab Bandung, Kota/Kab Garut, Kota/Kab Ciamis, Kota/Kab Tasikmalaya.

Selain itu, panitia pun menyediakan penghargaan berupa piala dan uang untuk juara 1, 2 dan 3 untuk masjng - masing kategori. Bahkan bagi kota/ kab yang mendapat point tertinggi akan memperoleh piala " Juara Umum".

Pada puncak acara nanti yang merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya akan diberikan penghargaan bagi para juara lomba inovasi pengolahan hasil peternakan (daging/telur/sus) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018 yakni Peringkat I dari Kota Bogor, Peringkat II dari Kabupaten Bogor, Peringkat III dari Kota Bandung dan Peringkat IV dari Kabupaten Garut. (Dudy)

Berita Terkait