Kalimantan Tengah Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR



Kasongan, Banjarmasin, Beritainspiratif.com - Kepala BMKG Stasiun Tjilik Riwut Palangkaraya, I Wayan Mustika menyebut ada gempa di wilayah Katingan, siang tadi, namun tidak berlangsung lama. "Ya, benar ada rilis resmi dari BMKG Balikpapan," ujarnya lansir Banjarmasin Post.co.id.

Berdasarkan rilis, gempa terjadi, Kamis tanggal 12 Juli 2018 ,gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Keterangan, Kepala BMKG Balikpapan, Mujianto, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 14:43:59.6 WITA dengan kekuatan M = 4.2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.87 LS dan 113.43 BT atau tepatnya berlokasi di 70 km Barat Laut Palangkaraya, pada kedalaman 5.0 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat/lemah dirasakan di daerah Katingan dan Kasongan dalam skala intensitas IISIG – BMKG atau (III-IV MMI).

Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan warga bahkan diantaranya ada yang berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini termasuk dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tektonik yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:00 WITA belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG, demikian rilis tersebut.

(Kaka)

Berita Terkait