Kroasia mengejutkan meski berada pada Peringkat Terendah FIFA



Beritainspiratif.com- Berdasarkan sensus 2017 Kroasia memiliki jumlah penduduk 4,2 juta jiwa dan berada di peringkat FIFA ke-129 dunia.

Bagi Kroasia, keberhasilan melangkah ke final merupakan prestasi terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia. Bahkan, saat masih menjadi bagian dari Yugoslavia belum pernah ke Final.

Terakhir prestasi terbaik mereka tercatat di peringkat ketiga pada Piala Dunia 1998. Setelah itu, mereka kandas di fase grup dalam tiga Piala Dunia.

Bahkan Timnas Kroasia menjadi negara dengan peringkat FIFA terendah di final Piala Dunia 2018.

Bagi Kroasia, keberhasilan melangkah ke final merupakan prestasi terbaik sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia. Bahkan, saat masih menjadi bagian dari Yugoslavia sekalipun belum pernah masuk.

Dilansir kompas.com, Kroasia adalah negara dengan ranking FIFA terendah di antara para semifinalis, yang berada di posisi ke-20 peringkat FIFA per Juni 2018.

Sebagai perbandingan, Inggris yang dikalahkannya di semifinal berada di posisi ke-12, Belgia (peringkat 3) dan Perancis (peringkat 7)

Bahkan pada tahun 1930, Kroasia menjadi negara finalis Piala Dunia dengan jumlah penduduk paling sedikit (1,9 juta jiwa)

Pada laga Piala Dunia 1998, Kroasia harus kalah dari Perancis. Dua gol Lilian Thuram membalikkan keunggulan Kroasia lewat gol Davor Suker.

Hal itulah yang menjadi pembahasan kami selama 20 tahun terakhir dan kami akan fokus untuk menghadapi laga final, kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, di FIFA.com.

Setelah Kroasia mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 pada babak semifinal Piala Dunia 2018 lewat babak perpanjangan waktu di Stadion Luzhniki, Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB, maka pada laga Final Piala Dunia 2018 Kroasia akan menghadapi Perancis.

Yanis

Berita Terkait