Bijak Berkendara Agar Irit Bahan Bakar



Bandung, Beritainspiratif.com - Memiliki kendaraan bermotor ternyata tidak segampang yang difikirkan terutama kendaraan roda empat atau mobil. Berbagai aspek tentunya harus difikirkan mulai dari aksesoris kendaraan hingga biaya perawatan.

Selain anggaran perawatan, biaya transportasi dan penggunaan bensin termasuk salah satu yang cukup besar dan perlu alokasi tersendiri.

Selain memilih menggunakan mobil yang hemat bahan bakar, cara mengendarai mobil juga mempengaruhi penggunaan jumlah bensin.  Jika ingin berhemat, praktikkan beberapa tip berikut seperti dilansir laman femina:

1. Pastikan mesin dalam kondisi prima. Kunci utama hemat bahan bakar ada pada mesin yang sehat. Untuk menjaga kesehatannya, selalu lakukan servis berkala sesuai buku manual.

2. Jaga rasio putaran (RPM) mesin.  Salah satu cara yang bisa diakukan untuk menghemat bensin adalah dengan menjaga RPM pada angka di bawah 3000.

Ibarat pelari, memang ada tiga tipe mobil berdasarkan mesinnya, tipe sprinter, all runner, dan maraton.

Untuk menjaga putaran roda pada angka 2000-3000 rpm untuk tipe mobil all runner. Secara sederhana, Anda diminta untuk tidak membuat mesin mengejan.

3. Tidak mengerem dan akselerasi berlebihan.

Start pelan, tidak perlu terburu-buru menginjak pedal gas saat mobil mulai melaju. Begitu pula saat mengerem, jangan ngerem jika tidak perlu mengerem. Perhatikan momentum kendaraan. Jika lampu rem mobil di depan menyala, mulai lepas pedal gas. Biarkan mobil melambat dengan sendirinya. Jika mobil di depan sudah dekat, saatnya injak rem.

4. Cek tekanan angin pada ban.

Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan gesekan roda dengan jalan lebih besar, sehingga membuat konsumsi BMM lebih banyak. Pastikan tekanannya sesuai rekomendasi pabrik. Rekomendasi ini dapat dilihat pada buku manual dan atau tire placard (stiker yang biasanya terdapat pada sisi rangka pintu pengemudi).

5. Matikan AC jika tidak diperlukan.

Kompresor AC juga membebani kerja mesin cukup besar, yang ujungnya mempengaruhi  konsumsi bensin. Atur suhu AC sesuai kebutuhan, naikkan temperaturnya jika suhu ruangan terlalu dingin. AC yang terlalu dingin, kompresor akan bekerja keras sehingga membebani mesin.

6. Kurangi beban. Bobot kendaraan yang terlalu berat akan membebani kinerja mesin.  Jangan membawa barang dengan berat yang melebihi kapsitas. Lihat buku manual untuk mengecek kapasitasnya.

7. Matikan mesin.

Para ibu yang menjemput anak pulang sekolah biasanya memiliki kebiasaan menunggu dalam mobil dalam keadaan mesin dan AC menyala.  Jika ingin irit bensin, ubah kebiasaan ini. Parkir mobil, matikan mesin, dan tunggu anak Anda di luar mobil.

Mesin hidup dalam keadaan diam selama 3 menit mengonsumsi jumlah BBM yang sama dengan mengemudi sejauh 1 km pada kecepatan 50 km/jam.

Jika ingin lebih ekstrem, matikan kendaraan saat menunggu lampu merah, dan saat menunggu palang pintu kereta. Sebab, mematikan dan menyalakan mesin tidak akan merusak atau mengurangi kinerja mesin kendaraan.

(Kaka)

Ilustrasi: Gurahmesin.com

Berita Terkait