Tradisi Lebaran di India



Beritainspiratif.com - Masyarakat India yang sebagian besar penganut agama Islam tentu tidak melewatkan tradisi perayaan lebaran begitu saja. Biasanya masyarakat India pada saat merayakan hari raya Lebaran akan mengunjungi kota Delhi. Ibu kota India ini dianggap menjadi pusat perayaan lebaran yang semarak. Sehingga sebagian orang memilih untuk merayakan hari lebaran bersama-sama dengan orang-orang lainnya.

Adapun hidangan makanan yang tidak pernah terlewatkan dari perayaan yang satu ini adalah siwaiyaan. Yakni bihun kering manis yang disantap dengan susu. Masyarakat India sendiri menyenangi makanan ini dan tak lupa untuk berbagi makanan ini dengan sanak saudaranya.

Selain merayakan Shalat Ied bersama-sama, tradisi makan berkumpul dan bersilaturahmi pun selalu kental di India. Bahkan pada saat ini tak segan aneka hidangan makanan akan disajikan untuk menyambut sanak sodara dan tamu yang hadir.

Para lelaki dan ayah umumnya akan memilih baju putih dengan kopiah yang sama untuk menyambut hari lebaran. Sementara para istri memilih pakaian terbaik mereka untuk menyambut hari suci ini. Perayaan ini memang selalu semarak di India, tak heran turis asing pun seringkali kagum dengan perayaan yang satu ini. (Yanis)

Sumber : ketahui.com

Berita Terkait