Fakta di Hari Lebaran yang Dilakukan Umat Islam



Beritainspiratif.com - Sejarah idul fitri berawal ketika Nabi Muhammad baru saja tiba di Madinah. Kemudian, Nabi Muhammad melihat ada dua orang yang bersenang-senang selama dua hari. Tercetuslah di benak Nabi Muhammad, bahwa Allah SWT wajib memiliki 2 hari raya yang lebih megah dan meriah, yaitu Idul Fitri serta Idul Adha.

Saat hendak menentukan tanggal, dipercaya bahwa Allah SWT mewarisi ayat Al-Qur’an pertama pada bulan Ramadhan. Kemudian, bulan Ramadhan dijadikan patokan untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

Idul Fitri, atau juga dikenal dengan istilah Lebaran, adalah sebuah perayaan umat Muslim di seluruh dunia pada tanggal 1 Syawal menurut kalender Hijriah. Ini adalah momen dimana umat Muslim sedunia merayakan keberhasilan atau kemenangan mereka setelah satu bulan berpuasa dan menahan hawa nafsu.Tak heran, ada beberapa orang yang menyebut hari Idul Fitri sebagai hari Kemenangan.

Perayaan atas kemenangan ini setelah sebelumnya umat Muslim mengawalinya dengan puasa selama satu bulan penuh. Puasa ini dilaksanakan setiap hari, mulai dari adzan Subuh sampai adzan Maghrib. Umumnya, satu bulan ini disebut sebagai bulan Ramadhan oleh umat Muslim.

Perayaan oleh umat muslim dilakukan dengan aktivitas :

1. Silahturahmi dan minta maaf adalah poin utama dari perayaan Idul Fitri. Saat Idul Fitri artinya kita wajib memulai semuanya dengan lembaran baru, dan melupakan kesalahan atau rasa sakit hati yang ditimbulkan orang lain.

2. Idul Fitri adalah saat dimana seluruh keluarga besar dapat berkumpul menjadi satu, makan bersama, dan mengikuti kabar-kabar terbaru dalam keluarga mereka. Ini waktu yang harus dimanfaatkan untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan berkunjung ke rumah orang tua, mertua, dan saudara lainnya, bahkan melakukan ziarah. Tali kekeluargaan dan persaudaraan itu sangat penting untuk dijaga.

3. Membeli pakain baru, sudah semacam kebiasaan jika Lebaran identik dengan pakaian baru. Namun, bukan berarti anda wajib membeli pakaian baru dari toko. Jika budget tidak mencukupi, maka cukup dengan mencuci pakaian lama supaya bersih dan terlihat baru.

4. Membayar zakat fitrah, setelah berpuasa selama sebulan, kita tak boleh lupa bahwa apa yang kita miliki sekarang hanyalah titipan dari Allah SWT. dengan membayar zakat fitrah mengijinkan kita untuk berbagai kebahagiaan dengan masyarakat yang lebih membutuhkan, dan merupakan hal wajib dilakukan sebelum Idul Fitri tiba .

5. Angpao anak-anak juga ada dan saat Idul Fitri tiba, mereka akan menerima banyak sekali uang dari orang tua dan sanak saudara dalam amplop yang lucu.

6. Di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, hari Raya Idul Fitri belum dianggap sebagai hari Libur Nasional, sehingga perayaannya pun belum semeriah Negara-negara seperti Indonesia, Arab, dan juga Malaysia. (Yanis)

Sumber : tiket2.com

Berita Terkait