Ini Dia Negara yang Memiliki Tradisi Mudik



Beritainspiratif.com - Salah satu hal menarik yang terjadi di Indonesia yaitu, tradisi mudik pada saat menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Kebiasaan ini terjadi secara turun menurun dan seolah wajib dilaksanakan bagi setiap orang yang pergi merantau atau bekerja di kota untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing agar bisa merayakan hari lebaran berkumpul bersama orang tua dan sanak saudara.

Maka tak heran jika mendekati hari lebaran, tiba-tiba banyak kendaraan tak dikenal yang terparkir atau berkeliaran disetiap jalanan kampung. Sebaliknya, jalanan dikota-kota besar yang tadinya penuh dan macet tapi saat lebaran menjadi sepi.

Apakah di Negara lain juga memiliki tradisi mudik?

Mengutip dari laman pidipedia.com, ternyata mudik tak hanya terjadi di Indonesia loh, masyarakat di negara lain juga punya kebiasaan pulang kampung saat meyambut hari-hari besar tertentu. Penasaran? Berikut 10 negara lain yang memiliki kebiasaan mudik;

1. Malaysia

Malaysia merupakan negara terdekat dan masih satu rumpun dengan Indonesia. Dimana yang namanya negara serumpun, biasanya memiliki kebiasaan atau kebudayaan yang tak jauh berbeda pula antara negara tersebut. Seperti halnya tradisi yang satu ini, masyarakat Malaysia juga selalu melaksanakan kebiasaan ini. Karena penduduk Malaysia juga mayoritas muslim, maka kegiatan mudik dilakukan pada saat menjelang lebaran.

2. Bangladesh

Ternyata ada negara yang lebih parah dari Indonesia dalam hal memanfaatkan sarana transportasi, seperti yang terjadi di Bangladesh ini. Karena penduduk di negara ini juga mayoritas muslim, maka setiap menjelang lebaran warga yang merantau akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama sanak keluarga. Lihat bagaimana cara mereka mudik? cukup unik kan!

3. India

Walaupun India bukan merupakan negara yang berpenduduk mayoritas muslim, namun jumlah penduduk di India kedua terbesar di dunia setelah China. Jadi walaupun Islam adalah Agama minoritas, tapi pada saat menjelang lebaran jumlah warga yang melaksanakan mudik tergolong banyak.

Namun kegiatan mudik terbesar di India berlangsung setiap bulan Oktober atau November pada aat itu sebagian besar warga India akan merayakan Festival of Lights alias Diwali. Pemandangan mudik di negara ini juga lebih heboh dibanding di Indonesia. Kereta api merupakan sarana transportasi favorit disana bahkan pada saat arus mudik, kereta akan penuh sesak hingga banyak warga yang bergelantungan di pintu, jendela hingga di atap kereta. Namun masih banyak juga sarana transportasi unik lainnya yang dijadikan sebagai sarana mudik mereka.

4. Arab Saudi

Mengingat mayoritas penduduknya muslim, maka tak heran jika setiap kali menjelang lebaran, penduduk setempat akan merayakan hari kemenangan tersebut. Penduduk diberbagai daerah di negara tersebut biasanya menggelar festival yang menampilkan pagelaran teater, pertunjukan musik dan kesenian lainnya.

5. Pakistan

Momen mudik di Pakistan juga tak jauh seperti yang terjadi di Bangladesh ataupun Indonesia. Arus mudik bisa dilihat di jalur-jalur utama penghubung antar wilayah yang akan penuh sesak oleh kendaraan pemudik serta angkutan umum yang hampir tidak menyisakan ruang untuk bernafas.

Tingginya arus mudik di Pakistan juga melibatkan pihak keamanan untuk mengamankan jalannya kegiatan pulang kampung tersebut. Sejumlah personil polisi juga disiagakan di beberapa ruas jalan yang rawan akan kemacetan untuk melancarkan lalu lintas. Sedikit banyak gambaran mudik di negara ini hampir sama dengan yang terjadi di Indonesia.

6. China

Untuk negara yang satu ini, momen mudik bukanlah terjadi pada saat menjelang lebaran, akan tetapi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia ini melaksanakan mudik untuk menyambut datangnya hari tahun baru imlek. Budaya perayaan imlek sering dilakukan bersama keluarga dikampung halaman masing-masing. Namun umat Isalm di China yang mencapai sekitar 18 juta jiwa ini juga selalu melaksanakan tradisi mudik pada saat menjelang lebaran.

7. Korea Selatan

Budaya mudik di Korea bisa dilihat saat Chuseok yaitu hari libur resmi dan dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8 di hari ke-15 penanggalan bulan. Hari Chuseok juga biasa disebut hari panen, festival bulan musim panen, atau hangawi (hari besar ditengah musim gugur). Bagi masyarakat Korea jika mendenger kata Chuseok, maka hal yang terlintas dalam dipikirannya yaitu kemacetan parah, mudik, dan peringatan arwah leluhur.

Perayaan ini merupakan kesempatan masyarakat Korea untuk mengucapkan syukur kepada arwah leluhur, melakukan ritual seperti Charye dan Seongmyo dan menghabiskan waktu dengan makan dan minum bersama keluarga.

8. Turki

Negara yang pernah menjadi pusat pemerintahan kesultanan Islam terbesar di dunia ini memiliki jumlah penduduk muslim yang besar. Sehingga Hari Raya Idul Fitri di sana dirayakan sangat meriah dengan diawali salat Ied berjamaah. Idul Fitri di Turki dikenal dengan istilah Bayram. Saat berjumpa dengan sesama muslim selama lebaran mereka akan saling mengucapkan salam “Bayraminiz Kutlu Olsun”, “Mutlu Bayramlar”, atau “Bayraminiz Mubarek Olsun” dimana ketiganya memiliki arti yang hampir sama yaitu selamat merayakan Hari Raya Bayram. Yang paling khas adalah momen sesaat sebelum lebaran dimana sanak keluarga yang tinggal di perantauan akan pulang kampung untuk berkumpul dan merayakan Idul Fitri bersama-sama.

9. Mesir

Ada yang berbeda dengan cara umat muslim di mesir dengan muslim di negara lainnya dalam melaksanakan tradisi mudiknya. DImana pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba, penduduk Mesir melaksanakan mudik bukan pulang ke kampung halaman, akan tetapi mereka akan berkumpul di pinggiran Sungai Nil untuk menikmati hari libur.

Nah untuk arus mudik terbesar disana justru pada saat menyambut Hari Raya Idul Adha, karena hari raya tersebut dianggap lebih besar daripada lebaran. Warga Mesir merayakan hari Qurban tersebut dikampung halamannya dengan bertemu sanak saudara dan keluarga untuk sekedar berkumpul dan bermaaf-maafan.

10. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat tradisi mudik dilakukan saat hari perayaan Thanksgiving. Perayaan ini jatuh setiap Kamis keempat di November.

Saat Thanksgiving warga berkumpul dengan keluarga serta kerabat dengan berpesta dan berdoa bersama di musim gugur sebagai bentuk terima kasih mereka kepada Squanto, karena konon pria Indian itu telah mengajarkan penduduk Plymouth, Massachussets, cara bertahan hidup dengan menangkap belut dan menanam jagung. Makanan khas Thanksgiving adalah kalkun dengan kentang yang dilengkapi dengan kuah daging. (Yanis)

Berita Terkait