Pasar Baru Bandung Mulai Dipadati Pengunjung Jelang Lebaran



Bandung, Beritainspiratif.com - Lebaran sebentar lagi....mungkin kalimat itu yang pantas didengungkan saat ini. Sebuah syair lagu dari penyanyi dulu "Bimbo" jadi lagu "wajib" menjelang lebaran dan menjadi euforia tersendiri.

Memasuki pertengahan Ramadhan atau sepuluh hari kedua bulan Ramadhan, kawasan pusat perbelanjaan di Pasar Baru Trade Center Bandung yang berlokasi di Jln. Otto Iskandardinata Kota Bandung dan area sekitarnya nampak mulai diserbu pengunjung yang sebagian besar berbelanja pakaian untuk memenuhi kebutuhan Lebaran atau Hari Raya Iedul Fitri. Pengunjung mulai nampak memadati kawasan ini sejak sekitar pukul 09.00 WIB.

Di gedung Pasar Baru yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di kawasan ini, nampak antrian pengunjung yang penuh sesak sejak loby utama hingga kawasan pertokoan di dalamnya. Selain itu, tempat parkir di Pasar Baru pun hampir tak bisa menampung kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Menurut beberapa pedagang, lonjakan pengunjung di Pasar Baru mulai terasa karena memang sudah memasuki pertengahan Ramadhan. Sepekan jelang Lebaran, pengunjung di Pasar Baru dipastikan akan membludak dan meningkat berkali lipat dari hari-hari biasanya.

"Serbuan pembeli yang hendak membeli kebutuhan pakaian lebaran memang mulai terasa hari ini. Sebelumnya sejak hari pertama puasa hingga kemarin jumlah pengunjung normal dan biasa-biasa saja. Pekan depan pengunjung dipastikan akan lebih banyak terutama Sabtu dan Minggu," ujar seorang pemilik toko busana muslim dan perlengkapan haji di lantai III.

Beberapa pengunjung yang ditemui di lokasi mulai berdesakan dengan pengunjung lainnya untuk membeli barang yang diinginkan.

Salah seorang pengunjung yang datang lebih awal beralasan agar tidak terlalu berdesakan dengan pengunjung lainnya.

Menurutnya, ia sengaja datang lebih pagi agar bisa memilih barang dengan nyaman dan aman, karena diperkiran masih belum terlalu banyak pengunjung yang datang tapi ternyata sudah penuh.

"Ini baru jam delapan, saya kira pengunjung belum terlalu banyak. Tapi ternyata Pasar Baru sudah penuh sesak, jalan saja sedikit susah apalagi kalau bawa barang banyak," ujar Basuni, seorang pengunjung asal Subang, Jawa Barat.

Kepadatan pengunjung dan arus kendaraan mulai terjadi di sekitar gedung Pasar Baru dan daerah sekitar yang menjadi akses

masuk ke kawasan ini.

Suasana lalu lintas nampak mulai padat dari hari-hari biasanya.

Selain gedung Pasar Baru, di kawasan ini juga cukup banyak berdiri pertokoan hingga pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang Jalan Ottista yang tak luput dari serbuan pengunjung.

Dari pantauan, kepadatan menjelang Idul Fitri dikawasan ini pun mengakibatkan kemacetan dibeberapa ruas jalan terdampak banyaknya pengunjung Pasar Baru Kota Bandung.

Beberapa ruas jalan yang perlu diwaspadai tingkat kemacetannya terdampak banyaknya pengunjung kawasan Pasar Baru seperti ruas jalan Alkateri, Jln. Suniaraja, Jln. Banceuy, Jln. ABC, serta beberapa ruas jalan lainnya yang berdekatan dengan kawasan ini.

Untuk itu bagi pemakai jalan bisa memilih alternatif jalan lain agar tidak terjebak kemacetan baik pagi hingga sore.

(Kaka)

Sumber foto : Tribun, Tempo dan Republika

Berita Terkait