Kapolda Jabar Kunjungi Pos Cileunyi dan Pos Turunan Nagreg



Bandung, Beritainspiratif.com - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, bersama Wakapolda dan Pejabat Utama (PJU) Polda Jabar meninjau kesiapan arus mudik dan balik Lebaran 2018 di pos Polisi Cileunyi Kabupaten Bandung, Senin (28/5).

Di Pos polisi Cileunyi, Irjen Pol Agung Budi bersama rombongan disambut langsung oleh Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan dan jajarannya. ‎Pada kesempatan tersebut Kapolres Bandung memaparkan sejumlah kendala serta cara bertindak.

Adapun beberapa kendala tersebut yaitu di kawasan Cileunyi dan Jatinangor, kepadatan lalu lintas di Rancaekek tepatnya di PT Kahatex, yang diakibatkan oleh hilir mudiknya karyawan pada jam-jam tertentu termasuk di kawasan Nagreg.

Sedangkan Untuk jalur Cijapati, pihak kepolisian tidak merekomendasikan untuk dilalui saat malam hari.

“Di Cikaledong ada bottle neck (penyempitan jalan) dari tiga lajur jadi satu jalur dan ini pasti akan ada crowded. Sehingga antisipasi kami akan melakukam rekayasa jalan. Masuk Garut ada pasar tumpah dan Tasikmalaya ada Jalur Gentong, untuk mengantisipasinya rekayasa jalan dengan one way. Kalau Gentong dikuras maka ekor hingga Limbangan bisa lancar,” ungkap Kapolres Bandung.

‎Sementara itu Irjen Pol Agung Budi menambahkan bahwa pengamanan di Cileunyi harus melibatkan banyak anggota. Dan setiap upaya pengalihan arus dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas.

“Jangan sampai saat nanti pengalihan tapi rambu-rambunya tidak ada, malah membingungkan masyarakat‎. Termasuk siapkan rambu-rambu di Cikaledong,” ungkap mantan Kakorlantas Mabes Polri ini.

Selain itu disetiap wilayah perbatasan yang memiliki sejumlah permasalahan, harus ditugaskan perwira polisi dari Polda Jabar.

“Seperti Kahatex (perbatasan Bandung-Sumedang), saya minta kepala posnya dari Polda supaya bisa kendalikan yang dari Polres Sumedang dan Bandung,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, Irjen Pol Agung Budi meminta untuk membuat kanalisasi tempat penyeberangan. hal ini dimaksudkan untuk mengatasi kemacetan di kawasan PT Kahatex yang biasa terjadi di jam-jam tertentu karena ada aktivitas penyeberangan karyawan.(Yones)

Berita Terkait