Rawan Kebakaran, Pengguna Tol Dihimbau Tidak Membuang Puntung Rokok Sembarangan



Cirebon,Beritainspiratif.com - Kebakaran alang-alang yang terjadi ruas Tol Kanci-Pejagan tepatnya di KM 231 arah Jakarta yang terjadi Senin (11/6/2019) diduga akibat adanya pengguna jalan yang mbuang puntung rokok sembarangan sehingga mengenai alang-alang yang kering.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Tanggap Darurat, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, saat dikonfirmasi beritainspiratif.com, Senin (11/6/2010).

"Benar ada kebakaran lahan di bahu ruas tol Kanci-Pejagan, sekitar pukul 15.05 Wib, dan alhamdulilah api sudah dapat kami padamkan 1 jam kemudian," ujar Eno.

Dikatakan Eno, luas lahan yanh terbakar di ruas tol tersebut di perkirakan sekitar 1 Ha, dan dengan menerjunkan 1 unit mobil pemadam dengan kapasitas 5.000 liter api berhasil dipadamkan.

"Dugaan nya kemungkinan dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, sehingga mengenai alang-alang yang kering, apa lagi sekarang mau memasuki musim kemarau, jadi api cepat membesar," katanya.

Eno menghimbau kepada pengguna jalan dan juga masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, terlebih di areal yang ada rumput atau alang-alang yang mengering, dengan cuca yang cukup terik ini api bisa membesar dan terjadi kebakaran.

"Untuk arus laluintas sendiri tidak terlalu terganggu, cuma jarak pandang saja yang agak berkurang," tambahnya. (Dekur)

Berita Terkait