Ratusan Santri Cirebon Deklarasi Dukung Jokowi



Cirebon, Beritainspiratif.com - Dukungan untuk Joko Widodo (Jokowi) kembali maju kembali di Pilpres 2019, terus bermunculan. Kali ini dukungan datang dari para santriwan dan santriwati.

Bertempat di GOR Mbah Muqoyyim Buntet Pesantren, Jumat (3/8), ratusan santriwan-santriwati yang ada di Kabupaten Cirebon telah mendeklarasikan diri mendukung Joko Widodo (Jokowi) untuk maju kembali di Pilpres 2019.

Ratusan santri tersebut tergabung dalam Forum Santri Cirebon untuk Tanah Air (FASBIR). Sebelum deklarasi para santri pun menggelar istighosah terlebih dahulu.

Ketua Panitia, Ustadz Nemi Mu'tasim Billah menyampaikan, memperhatikan perkembangan politik demokrasi di Indonesia jelang Pilpres 2019, muncul kekhawatiran dari banyak pihak bahwa kebinekaan dan keragaman Indonesia yang mestinya dipahami sebagai kekayaan dan modal sosial, akan kembali dimanfaatkan beberapa pihak sebagai bahan adu domba dan perpecahan.

"Atas pertimbangan tersebut, maka kami, Forum Santri Cirebon untuk Tanah Air atau Fasbir menyatakan, pertama menolak politisasi uang di Pilpres 2018, kedua mendukung kepemimpinan nasional yang berwatak kebinekaan dan Islam rahmatal lil alamin, ketiga mendukung Presiden Joko Widodo untuk mencalonkan kembali pada Pilpres 2019," kata Ustadz Nemi.

Selanjutnya kata dia, keempat pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya urusan pemilihan bakal cawapres kepada Joko Widodo, dan kelima yakni menyerukan agar semangat persatuan Indonesia tetap diletakan di atas kepentingan pribadi dan kelompok.

"Demikian pernyataan sikap ini kami buat. Semoga Allah senantiasa melindungi bangsa Indonesia dari segala ancaman perpecahan," kata Nemi.

Di tempat yang sama, KH Wawan Arwani menyampaikan, adanya kegiatan tersebut, merupakan bagian dari hak politik dari para santri. Sebab kata dia, memahami realitas di Indonesia bahwa perhatian pemerintah terhadap pesantren sangat baik sekarang ini.

"Merasakan itu semua. Wajar saja jika para santri doa bersama untuk negeri dan menyampaikan pernyataan sikapnya untuk mendukung Pak Jokowi maju kembali di Pilpres 2019," kata Kiai Wawan.

Ia menjelaskan, nilai persatuan dan kemanusiaan harus dikedepankan. Artinya, nilai akhlakul karimah harus terus dikembangkan. "Berbeda-beda dukungan sesuatu yang niscaya. Para santri sudah merasakan pesantren sudah baik, dari pada yang sebelummya. Siapa pun pendamping Jokowi, berjalan sesuai apa adanya," ujar Wawan.

Ratusan santri yang kumpul dalam kegiatan tersebut yakni dari beberapa pondok pesantren (PP) yang ada di Kabupaten Cirebon. Dalam istighosah doa santri untuk negeri ini bertema "Meneguhkan Kepmimpinan Nasional Berwawasan Islam Rahmatan Lil Alamin".

YoC

Ratusan santriwan-santrwati deklarasikan dukungan untuk Joko Widodo untuk maju kembali di Pilpres 2019.

Berita Terkait