Ratusan Rumah Tahan Gempa Akan Dibangun Oleh Muhammadiyah di Lombok



Yogyakarta, Beritainspiratif.com - Ratusan hunian dengan konsep rumah tahan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). akan dibangun oleh Organisasi persyarikatan Muhammadiyah, dan pembangunan huntara (hunian sementara) nantinya akan didampingi oleh arsitektur dari perguruan tinggi Muhammadiyah sebagai pendampingan.

"Muhammadiyah keseluruhan di Indonesia akan membangun sekitar 465 huntara di Lombok. Khusus dari PWM DIY kita mengambil 40 huntara," hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang LazimMu & LPB PWM DIY, Arif Jamali Muis, Selasa (18/9/2018) di Yogyakarta kutipan laman LazimMu.

Huntara tersebut sengaja didesain tahan gempa, sehingga apabila huntara tersebut menjadi hunian tetap, maka penghuninya kelak tinggal menyempurnakannya, sehingga tidak dibangun dari nol lagi, ujar Arif.

"Kita (PWM DIY) menurunkan tim arsitektur dari teknik sipil (UMY) untuk kemudian melakukan perencanaan dan asesmen di sana, serta kita akan melakukan pengawasan pembangunan di sana," tambah Arif.

Nantinya masyarakat dipersilahkan untuk bermusyawarah dan menentukan rumah siapa yang layak menjadi prioritas mendapatkan bantuan rumah huntara tersebut, nanti warga dan tim dari Muhammadiyah bergotong-royong membangunnya, ujarnya.

Yanis

Berita Terkait