Rakernas Pertama IHGMA  Digelar di Grand Mercure Hotel Yogyakarta



Yogyakarta, Beritainspiratif.com-Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) sebagai asosiasi para General Manager hotel seluruh Indonesia menyelenggarakan REKERNAS PERTAMA IHGMA Indonesian Hotel General Association pada tanggal 04 - 06 Mei  2018 di Hotel Grand Mercure Jogyakarta.

Kegiatan Rakernas para General Manager yang pertama kali digelar ini dibuka  oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai  Gubernur DIY.

Rakernas ini  akan dihadiri oleh seluruh stakeholder pariwisata diantaranya Mentri Pariwisata Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, Kemenpar, Ketua Umum BPP PHRI Bapak DR. IR. H. HARYADI BS SUKAMDANI, MM, ASITA, IHGM Yogyakarta, Ketua IHKA Jogya, Ketua ACE, Ketua FBA, Ketua HFMA, Ketua HAFLA, Ketua HHRMA, ASPPI, dan HPI Jogyakarta.

Juga  menghadirkan para vendor kebutuhan operasional hotel dengan merk-merk ternama dan berkualitas tinggi seperti Tiket.COM, VHP , Pertamina , Attamana, 3 Mutiara, Bukaka Inti, I-Net dan 26 perusahaan pendukungun lainnya.

Kegiatan tahunan IHGMA ini mengusung tema Budaya untuk Pariwisata dan Pariwisata untuk budaya dan tempat yang dipilih adalah IHGMA Chapter Jogyakarta sebagai tuan rumah acara Rakernas.

Yogyakarta menjadi tempat Rakernas karena  sebagai pusat pengembangan dan pelestarian Budaya Jawa yang terlihat dengan banyak sekali potensi budaya yang bisa di kunjungi di Yogyakarta seperti Candi Borobudur, candi Prambanan, Kraton Jogya dan lain sebagainya. Turis domestic dan manca Negara datang ke Jogya untuk menyaksikan warisan Budaya Jawa yang terletak di Jogya.

IHGMA ingin Menjadikan aspek budaya sumber inspirasi/inovasi dalam melaksanakan kegiatan ataupun programa kerja IHGMA kedepannya, juga Mengaktualisasikan dan mengedepankan kearifan kegiatan Budaya Lokal menjadi berkelas dan mendunia.

Dan yang paling penting adalah IHGMA ingin mengusulkan dan menjadikan kegiatan dan atau atraksi  Budaya di semua daerah Indonesia tidak bersifat sporadic, tetapi satu kesatuan  dalam Kalendar Kegiatan atraksi Cincin Budaya Nusantara Tahunan yang lebih terencana dan berkelanjutan sehingga setiap kegiatan tersebut memberi kontribusi yang signifikan untuk membantu pemerintah RI dalam pencapaian target 20 juta jumlah wisatawan lokal dan mancanegara yang akan datang ke wilayah seluruh Indonesia di 5 tahun kedepan.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 350 para executive hotelier dari anggota IHGMA seluruh Indonesia dan juga para anggota asosiasi profesi lainnya serta para dosen pengajar di sekolah tinggi kepariwisataan.

Dalam Rapat Kerja Nasional IHGMA yang pertama ini menjadi evaluasi kegiatan yang pernah dilakukan dalam 2 tahun terakhir, masing masing bidang dalam organisasi akan mempresentasikan semua kegiatannya yang sudah dikerjakan di tahun 2017 dan kegiatan di tahun 2018.

Semua laporan kegiatan  di saksikan oleh perwakilan semua 25 DPD dari seluruh Indonesia.

Kegiatan  kegiatan yag sudah sukses dikerjakan selama 2 tahun terakhir adalah event IHGMCE di Nusa Dua Bali, program dosen Vokasi strata S2 di Level 8 bagi GM GM dari IHGMA yang ingin mengajar di dunia pendidikan, program assessment di semua level di industry perhotelan, acara tahunan IHGMA Award yg dilakukan oleh IHGMA Chapter Bogor Raya, seminar dan workshop di seluruh DPD dan DPC IHGMA untuk meningkatkan dan mengembangkan SDM di perhotelan, program CSR dari masing masing DPD dan DPC dan masih banyak yang lainnya.

Pengembangan dengan pelatihan dan pendidikan yang pernah dilakukan IHGMA untuk para general manager, dengan tujuan  agar para General Manager yang ada di IHGMA juga bisa berkompetensi di luar Negeri dan tidak kalah bersaing dengan general manager dari luar negeri yang bekerja di hotel hotel bintang di Indonesia.

IHGMA ingin berkontribusi nyata dalam mensukseskan program pemerintah dalam bidang kepariwisataan baik dalam jangka pendek seperti mendatangkan wisatawan mancanegara dan memberikan pelayanan terbaik maupun dalam jangka panjang untuk menjaga pariwisata yang

berkelanjutan.

Dengan prinsip-prinsip Profesionalitas, Integritas dan Networking. IHGMA juga berkomitmen menerapkan strategi bisnis yang berdayaguna untuk kelangsungan industri pariwisata serta dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah setempat khususnya dan Indonesia pada umumnya.

IHGMA baru saja merayakan HUT yang ke-2 dipusatkan di Bali dan dirayakan di seluruh Indonesia pada tanggal 20 April 2018 di masing masing DPD dan DPC dengan berbagai kegiatan seperti donor darah, bakti social dan berkunjung ke tempat tempat social dan ditutup dengan pemotongan tumpeng.

Diusia yang masih muda ini IHGMA telah menjadi bagian dan mitra pemerintah dalam setiap kegiatan di seluruh Indonesia.

Di usia yang masih muda ini IHGMA telah banyak sekali mengadakan event dan kegiatan juga perkembangan dari jumlah keanggotaan dan keberadaan organisasi IHGMA sampai saat ini sudah beranggotakan hampir 1.000 Hotel Manager atau General Manager dari hotel maupun Villa dari 25 DPD di seluruh Indonesia.

IHGMA dituntut untuk senantiasa meningkatkan , mengembangkan dan menjaga keberadaan atau eksistensi dari Organisasi , agar tujuan  berdirinya wadah ini yang telah tertuang dalam Visi dan Misi IHGMA dapat benar benar terwujud dan di realisasikan.

Kepedulian merupakan akar dan kata kunci, agar cita cita para Founding Father IHGMA dapat tercapai. Kepedulian dari para anggota dan juga para pengurus baik ditingkat Pusat dan Daerah adalah Pilar untuk bergulirnya roda organisasi dalam menghadapi tantangan jaman yang semakin kompleks.

Atas nama ketua IHGMA DPD Yogjakarta Herryadi Baiin yang juga ketua acara RAKERNAS PERTAMA IHGMA ini beserta seluruh anggota IHGMA DPD Jogyakarta  menyampaikan terimakasih atas dukungannya kepada :Tiket.COM,VHP , Pertamina , Attamana, 3 Mutiara, Bukaka Inti, I-Net dan 26 perusahaan pendukungun lainnya semoga Tuhan memberikan kesuksesan buat kita semua ,juga pariwisata pada umumnya. (Dudy)

Berita Terkait