Raih Akreditasi “A” Unpad Terus Tingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Bandung, Beritainspiratif.com – Universitas Padjadjaran menggelar “Unpad Mapag Taun 2019” dengan agenda utama syukuran perolehan akreditasi “A” dan peresmian Jalatista Unpad.

Hadir para pimpinan, civitas akademika, dan tenaga kependidikan Universitas Padjadjaran melakukan senam cegah stunting bersama dalam rangka syukuran perolehan akreditasi “A” dan peresmian Jalatista Unpad. Acara bertajuk “Unpad Mapag Taun 2019” ini digelar di plaza Gedung Rektorat dan Bale Santika Unpad Jatinangor, Rabu (2/1/2019) seperti dilansir di laman resmi Unpad.

“Unpad kembali mendapatkan akreditasi A untuk institusinya. Itu merupakan kerja keras kita bersama-sama,” ujar Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad.

Rektor pun mengapresiasi berbagai upaya dari keluarga besar Unpad atas perolehan tersebut. Hal yang perlu disyukuri adalah adanya kebersamaan, kekompakan, dan kebahagiaan keluarga besar Unpad saat proses akreditasi.

Dikatakan Rektor, “Unpad Mapag Taun 2019” digelar untuk mensyukuri berbagai kebaikan, juga untuk memupuk kebersamaan keluarga besar Unpad. Menurutnya, tahun 2019 perlu diawali dengan kegembiraan.

Acara diawali dengan senam cegah stunting di halaman Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Senam ini merupakan salah satu wujud kepedulian Unpad pada masalah stunting di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan kita senam cegah stunting, kita populerkan kemana-mana, terbangun kesadaran itu. Dimulai dari Unpad,” ujar Rektor.

Selain itu, diharapkan tahun ini kepedulian pada lingkungan juga semakin ditingkatkan sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad. Diantaranya adalah melalui tidak membuang sampah sembarangan serta mengurangi sampah plastik, terutama air kemasan.

Pada kesempatan tersebut, sebagai bagian dari peresmian keran air siap minum “Jalatista”, Unpad membagikan botol minum secara gratis kepada keluarga besar Unpad. Dengan ada botol air minum serta Jalatista di sejumlah titik di kampus Unpad, diharapkan dapat meminimalisir sampah air minum kemasan di lingkungan Unpad.

“Kurangi sampah plastik, kita jaga lingkungan kita. Untuk bisa seperti itu, perlu kedisiplinan. Karena Pola Ilmiah Pokok kita mengajarkan kedisipinan,” tegas Rektor.

Selain masalah sampah, Rektor juga mengajak keluarga besar Unpad untuk disiplin di berbagai aspek. Kedisiplinan dapat dimulai dari tertib berlalu lintas dan tidak merokok di sembarang tempat.

Unpad Mapag Taun 2019 juga dimeriahkan dengan pertandingan persahabatan voli dan futsal, panggung hiburan, serta sajian kuliner dari sejumlah kantin fakultas di lingkungan Unpad.

(Yanis)

Bagikan: