PVMBG Menghimbau Masyarakat Agar Tidak Mendekati Kawah Ratu Radius 500 Meter

Bandung,Beritainsfiratif.com – Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani  menghimbau masyarakat agar tidak mendekati Kawah Ratu dengan radius 500 meter.

“Pedagang, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati Kawah Ratu, tidak diperbolehkan menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkubanparahu,” ujar Nia saat Jumpa pers di Kantor PVMBG, jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (27/7/2019). 

Adapun warga yang berada di posisi radius 500 meter agar mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas gas vulkanik agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu miring tentang letusan Gunung Tangkubanparahu,” kata Nia. 

Meski begitu, Pihaknya mengatakan potensi erupsi susulan masih mungkin terjadi karena masih terekamnya getaran terus-menerus. 

“Tapi tetap tenang karena, evaluasi data pemantauan terkini mengindikasikan bahwa potensi untuk terjadinya erupsi besar masih belum teramati, aktivitas Gunung Tangkubanparahu masih berada dalam kondisi yang belum stabil dan aktivitas dapat berubah sewaktu-waktu,” jelasnya. (Mugni)

Bagikan: