Putra NTT Berbaret Jingga Pertama Jadi Perwira Tinggi TNI



Jakarta, Beritainspiratif.com – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P melalui mekanisme Wanjakti (Dewan Jabatan dan Kepangkatan Perwira Tinggi) mengangkat Kolonel Pas Drs. Embu Agapitus M.Si (Han) menjadi Kepala Staf Garnisun Tetap II yang berkedudukan di Bandung. Dengan jabatan barunya ini Embu Agapitus akan menyandang pangkat Jenderal Bintang Satu atau Marsekal Pertama, yang dilansir dari kantor berita Antara, Kamis (18/10/2018).

Kolonel Pas Drs. Embu Agapitus M.Si (Han) adalah Penerima Tanda Kehormatan Veteran RI & Veteran Operasi Pemeliharaan Dunia serta beberapa Bintang Jasa dan berbagai tanda kehormatan ini.

Kolonel Pas Drs. Embu Agapitus M.Si (Han) sebelumnya pernah menjabat beberapa jabatan penting di jajaran Korps Komando Pasukan Khas (Korps Baret Jingga), Mabes TNI AU, Mabes TNI, dan Kementerian Pertahanan RI.

Jabatan-jabatan yang pernah dipercayakan kepada Kolonel Pas Embu Agapitus antara lain:

1.Komandan Batalion 465 Paskhas berkedudukan di Pangkalan Udara Halim Perdanakusama, Jakarta.

2.Komandan Satuan Protokol Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI.

3.Wakil Komandan Denma Mabes TNI.

4.Asisten Personel Korps Pasukan Khas.

5.Kasubdit Binkemilsik Mabesau.

6.Direktur Latihan PMPP TNI.

7.Komandan Latihan Kontingen Garuda untuk misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia.

8.Kasubdit Asia Pasifik Direktorat Anaissa Strategis Ditjen Strahan.

9.Kasubdit Amerika, Eropa, dan Afrika Direktorat Analisa Strategis Ditjen Strahan.

10.Kabid Kerjasama Bainstranas Kemhan RI.

11.Sekretaris Badan Instalasi Strategis Nasional Kemhan RI.

Pengalaman jabatan dan berbagai penugasan serta prestasi di berbagai daerah operasi baik di dalam maupun luar negeri menjadi pertimbangan khusus Dewan Jabatan dan Kepangkatan Perwira Tinggi TNI untuk mengangkat putera Ladolima, Nagekeo, kelahiran Ende, Flores, NTT ini menjadi Perwira Tinggi TNI.

Alumni SMA Katolik Syuradikara Ende (1981) dan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang (1985) ini adalah anggota Korps Komando Pasukan Khas TNI AU pertama asal NTT yang mencapai pangkat Perwira Tinggi TNI.

Operasi dalam negeri yang pernah diembannya di pasukan elit AU antara lain: Trikora, Dwikora, Seroja, dan lain-lain.

Sementara operasi di luar negeri antara lain: Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia di berbagai wilayah konflik di bawah bendera United Nations (PBB) maupun di bawah bendera OIC (Organization of Islamic Cooperation).

Kolonel Pas Embu Agapitus direncanakan akan dilantik menjadi Kepala Staf Garnisun Tetap (Gartap) II/Bandung dalam waktu dekat.

Gartap II/Bandung mengemban tugas Menjamin keamanan, penegakan hukum, disiplin dan tata tertib, membangun soliditas satuan-satuan TNI-POLRI di wilayah Komando Gartap II/ KOGARTAP II, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI menjamin terselenggaranya pertahanan negara yang handal.

Indonesia memiliki tiga Gartap yaitu Gartap I berkedudukan di Jakarta, Gartap II berkedudukan di Bandung, dan Gartap III berkedudukan di Surabaya.    (Yanis)

Berita Terkait