Puluhan Hektar Sawah di Kabupaten Cirebon Kekeringan



Cirebon, Beritainspiratif.com - Puluhan hektar sawah di Kabupaten Cirebon mengalami kekeringan dan fuso atau gagal panen akibat musim kemarau panjang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Ali Efendi, lahan pertanian diwilayah Timur Cirebon sangat bergantung pada debit air dari Waduk Darma Kuningan.

" Namun, saat ini debit air dari Waduk Darma sangat berkurang hingga mengakibatkan air bagi lahan pertanian tidak tersedia," kata Ali di Cirebon, Jumat (13/7).

Meski sudah menyiapkan solusi dengan membuat ratusan sumur pantek, namun Ali menegaskan bahwa fuso sangat berpotensi terjadi di 45 lahan pertanian.

"Kemudian wilayah Cirebon bagian timur sangat bergantung pada Waduk Darma. Sekarang memang debit Waduk Darma sudah sangat berkurang. Kemudian ternyata sumber air tanah dangkal sudah kecil sehingga memang wilayah timur berpotensi kekeringan dan sekarang sudah ada 45 hektare," ungkapnya.

Adapun 45 hektare sawah tersebut terbagi dalam 7 desa, yaitu Desa Pangenan, Desa Ender, Desa Kanci Kulon, Desa Beringin, Desa Japura, Desa Getrok Moyan dan Desa Astana Mukkti.

Sementara itu, untuk wilayah barat Kabupaten Cirebon, Ali mengatakan bahwa ketersediaan air aman karena mendapat pasokan dari Waduk Jatigede Majalengka hingga 16 kubik per detik.

YoC

Ilustrasi. Sumber Foto: https://bit.ly/2md4a9t

 

Berita Terkait