Pulau Astipalea, Yunani Jadi Pulau Pertama di Dunia Dilarang Merokok



Jakarta,Beritainspiratif.com - Ocean Conservancy, menyebutkan lebih dari 60 juta puntung rokok ditemukan di laut dan menjadi limbah laut nomor satu.

Yunani sendiri menjadi salah satu negara yang mengalami masalah sampah di laut. Setiap tahunnya, para relawan turun ke pantai untuk membersihkannya.

Sebuah pulau di Yunani yakni Astipalea didaulat untuk menjadi pulau pertama di dunia yang melarang kehadiran rokok. Dengan visi “Astypalea Tanpa Rokok”, pemerintah serta penduduk menyebarkan visinya dengan tagar #ASTYPALEASMOKEFREE.

“Ini adalah pilihan penduduk dan pengunjung bukan hasil dari langkah-langkah kebijakan,” terang Walikota Astipalea, Panormitis Kontaratos, seperti dikutip dari Bright Side dan diungkap Kumparan, Sabtu, (30/3/2019).

Selain itu, Astipalea juga melakukan promosi kepada wisatawan untuk hidup sejahtera dan sehat serta meningkatkan kesadaran tentang polusi pantai yang disebabkan oleh puntung rokok. Pihaknya juga mendorong pengunjung untuk berhenti merokok dan mengalihkan waktunya untuk kegiatan yang lebih sehat, seperti bersepeda.

Walikota juga mengungkapkan bahwa kampanye tidak akan diawasi, namun bergantung pada niat penduduk dan turis. Adapun gerakan anti merokok ini akan diterapkan di Balai Kota dan semua ruang kota serta meningkatkan kesadaran melalui materi pendidikan.

Walikota menambahkan, bila penduduk di Pulau Astipalea selalu terbuka untuk para perokok. Justru mereka berharap para pecandu bisa merubah kebiasaanya ketika datang.

“Kami menyambut perokok dan kami berharap jika mereka tinggal sementara waktu mungkin mereka akan memutuskan untuk berhenti merokok dan bergabung dengan cara hidup yang lebih sehat,” tambahnya.

Uniknya, kampanye positif ini justru disponsori oleh sebuah perusahaan tembakau bernama Papastratos, anak perusahaan dari Philip Morris.

(Yanis)

Berita Terkait