Puan Maharani Perempuan Pertama Jabat Ketua DPR RI

Jakarta, Beritainspiratif.com -Setelah pemilu tahun 1971 dan terbentuknya lembaga kenegaraan MPR/DPR, Ketua MPR masih merangkap sebagai Ketua DPR dengan beberapa Wakil Ketua MPR/DPR.

Tetapi, semenjak Pemilu 1999, pimpinan MPR dan DPR dipisahkan. MPR dipimpin oleh seorang ketua dan wakil ketua, serta DPR juga dipimpin oleh seorang ketua dengan beberapa wakil ketua.

Melalui rapat konsultasi DPR telah menyepakati posisi Ketua DPR Periode 2019 – 2024 akan diisi oleh Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani, ungkap Pimpinan sementara DPR, Abdul Wahab Dalimunthe di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Puan Maharani, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dipastikan akan menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mengingat PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019 sudah menugaskan Puan sebagai Ketua DPR RI. Puan Maharani dilantik menjadi Ketua DPR periode 2019-2024 hari ini, Selasa malam (1/10/2019).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, posisi Ketua DPR diberikan kepada partai pemenang pemilu. Dan kali ini, menjadi jatah PDIP.

Puan merupakan perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR.

“Yang pasti nantinya ini akan pecah telur baru ada perempuan pertama setelah 70 tahun lebih ketua DPR,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Puan berharap, perjalanan karir politiknya dapat menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia bahwa politik itu bukan sesuatu hal yang tabu. Puan mengatakan, politik memiliki dinamika yang terus berkembang dengan dinamis dan dapat menghasilkan perempuan-perempuan yang membawa manfaat bagi Indonesia.

“Politik itu dinamikanya berkembang, dinamikanya sangat dinamis namun ternyata bisa juga menghasilkan perempuan perempuan yang nantinya bisa membawa manfaat bagi Indonesia,” ujarnya.

Puan menambahkan, dirinya baru akan menyampaikan strategi-strateginya untuk mengubah citra DPR lima tahun ke depan usai dilantik menjadi Ketua DPR RI.

“Ya tentu insyaallah nanti saya baru bisa menyampaikan hal tersebut (strategi) kalau sudah dilantik sebagai ketua DPR. Namun terkait hal-hal tersebut pun saya harus rembukan dulu dengan pimpinan yang baru secara internal,” ujarnya.

Puan mengaku bangga karena setelah lebih dari 70 tahun, Indonesia akhirnya memiliki pimpinan DPR perempuan.

“Pecah telor pimpinan DPR perempuan setelah 70 tahun. Semoga bisa menjadi inspirasi lah,” ujar Puan Maharani di Ruangan Fraksi PDIP, Lantai 7 Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan pada Selasa, 1 Oktober 2019.

Selanjutnya susunan lengkap Pimpinan DPR RI periode 2019 – 2024 adalah partai yang masuk lima besar suara terbanyak, yakni ditetapkan :

Ketua : Puan Maharani (PDIP)

Wakil Ketua : Aziz Syamsuddin (Partai Golkar)

Wakil Ketua : Sufmi Dasco Ahmad (Partai Gerindra)

Wakil Ketua : Rahmat Gobel ( Partai NasDem)

Wakil Ketua : Muhaimin Iskandar (PKB)

Yanis

Bagikan: