PT LIB Resmi Umumkan Laga Persib VS Persija 30 April 2018



Jakarta, Beritainspiratif.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengeluarkan secara resmi jadwal resmi pertandingan tunda Persija Jakarta vs Persib Bandung. Pertandingan yang sebelumnya dijadwalkan akan berlangsung 28 April 2018 terpaksa ditunda setelah tidak mendapatkan rekomendasi perizinan dari pihak kepolisian.

Dirilis dari Pikiranrakyat.com, Jumat 27 April 2018 , PT LIB mengumumkan jika laga Persija vs Persib digeser ke 30 Juni 2018. Dengan begitu secara otomatis rencana pertandingan tunda pada 3 Mei mendatang seperti yang diutarakan oleh Direktur Utama PT Persija Jakarta, Gede Widiade sebelumnya pun batal terlaksana.

Menurut CEO PT LIB Tigor Shalom Boboy perubahan jadwal tersebut mempertimbangkan banyak faktor. Karena bukan hanya melibatkan kedua klub saja, tapi juga beberapa pihak terkait.

"Jadi banyak aspek yang harus ditinjau kembali. Tidak hanya mengacu kepada kesediaan jadwal antara dua tim yang bertanding. Tapi kami juga harus mempertimbangkan faktor keamanan, kebutuhan pelaksanaan siaran langsung televisi, lalu berkoordinasi dengan beberapa klub yang berpotensi kena imbas perpindahan jadwal Persija vs Persib ini. Semua harus terintegrasi dan terkait erat," ucap Tigor.

Setelah mempertimbangkan banyak faktor tersebut, menurutnya, pelaksanaan pertandingan tunda antara Persija kontra Persib yang paling pas dan memungkinkan adalah pada 30 Juni. Karena pada tanggal itu, menurutnya tidak ada kendala berarti. "Setelah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, penetapan tanggal 30 Juni kami lihat paling tepat karena tidak ada kendala berarti," ucapnya.

Alasan mayday

Sebelumnya, pertandingan pada 28 April tidak mendapatkan rekomendasi izin dari pihak keamanan karena mengingat waktunya terlalu berdekatan dengan pelaksaan hari buruh (May Day) dimana konsentrasi pihak kepolisian semua berada disitu. Pihak Polda Metro pun meminta agar jadwal pertandingan Persija vs Persib dijadwalkan ulang setelah pelaksanaan May Day.

Persija sempat mengusulkan 3 Mei kepada LIB dua hari lalu, beserta lampiran kesepakatan antara pihak Persija, Polda, dan Gelora Bung Karno (GBK). Tanggal tersebut diklaim Gede sudah mendapatkan acc oleh Polda Metro.

Tapi mengingat Persib sehari setelahnya, 4 Mei 2018 harus bertanding melawan Madura United, maka pihak Persija pun meminta LIB untuk melakukan penjadwalan ulang pertandingan. Tapi yang diminta Persija ke LIB justru adalah penjadwalan ulang pertandingan tandang Persib ke Madura United.

"Kami melihatnya tanggal 3 Mei itu yang paling memungkinkan. Karena tidak mungkin tanggal 2 Mei karena polisi masih evaluasi pengamanan hari buruh, sementara tanggal-tanggal selanjutnya sudah ada jadwal pertandingan lain kan. Makanya kami minta bantuan LIB untuk melakukan rescheduling. Sebab ini kan diluar perkiraan kita, karena tidak sadar kalau dekat dengan May day," ucap Gede beberapa waktu lalu.

Keinginan Persija

Pihak Persib sendiri sempat berprasangka jika perubahan jadwal tersebut bukan merupakan keinginan pihak kepolisian tapi Persija, mengingat Persija baru saja selesai menjalani pertandingan di AFC Cup hingga kemungkinan mengalami kelelahan. Kritikan keras pun sempat dilontarkan Manajer Persib Umuh Muchtar dan sang pelatih Mario Gomez kepada Persija dan PSSI.

Laga Persija vs Persib memang memiliki emosional tinggi, mengingat tingginya rivalitas antara kedua klub. Bukan hanya dilevel suporter tapi juga permainan. Jika melihat progres permainan dari kedua tim, keduanya sama-sama sedang menanjak. Progres Persija lebih baik, mengingat di pekan ke-6 Liga 1 mereka mampu bertengger di posisi  kedua dibawah Persipura Jayapura dengan 10 poin hasil lima kali kemenangan, tiga kali seri dan satu kali kekalahan.

Sementara Persib sendiri yang sempat menanjak ke posisi kelima di awal pekan ini, harus kembali turun di posisi tujuh di akhir pekan ini dengan raihan 8 poin hasil lima kemenangan, dua kali seri, dan dua kali kekalahan. Dalam dua pertemuan terakhir mereka di Liga 1 musim lalu, Persib sementara masih tertinggal dalam rekor kemenangan. Di pertemuan pertama Liga 1 musim lalu Persib takluk 0-3, tapi kemudian dipertemuan kedua Persib mampu menahan imbang Persija 1-1.

(Kaka)

Foto: Indosport.com

Berita Terkait