PT LEN Industri: Solar Tree Len Energi Matahari Terpasang di Tiga Lokasi di Kota Bandung

Bandung, Beritainspiratif.com – Solar Tree Len menjadi salah satu langkah PT Len Industri dalam memanfaatkan sumber energi Matahari menjadi energi listrik. Tahun ini, Alun-Alun menjadi lokasi ke-3 dipasangnya Solar Tree Len dan diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial Kamis (30/1/2020).

Dua lokasi lainnya yang menjadi titik pemasangan Solar Tree Len antara lain Taman Riau dan di SMK 4 Kota Bandung. Sedangkan di Alun-Alun terpasang 2 Solar Tree Len dan untuk perangkat tersebut memiliki spesifikasi lampu 4×20 watt, panel surya 16×50 mwp, Inverter 1×1000 watt (24vcd), baterai 4x100ah ( 12v)= 400 Ah.

Sekretaris PT Len Industri, Atini Hasanah, Solar Tree Len merupakan salah satu program CSR yang dilakukan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, dan program lainnya diantaranya memberikan penerangan di kawasan yang belum tersentuh listrik.

Saat disinggung ada berapa titik yang akan menjadi lokasi pemasangan Solar Tree Len pihaknya belum bisa memastikan karena masih menjadi rencana dan harus dilakukan persiapan mengenai alatnya sendiri. Terlebih satu Solar Tree Len memakan anggaran hingga Rp 75 juta.

Menurutnya, untuk desain pohon yang dipilih merupakan salah satu bentuk peduli lingkungan. Solar Tree Len tersebut didesain oleh para tenaga ahli PT Len Industri yang sudah menciptakan beberapa perangkat energi lainnya. Untuk satu perangkat Solar Tree Len membutuhkan waktu sekitar 2 minggu dan pemasangan langsung di lokasi memerlukan waktu 4 jam.

“Perangkat yang kami buat itu bisa dijamin kualitasnya, karena tidak hanya kali ini saja kami membuat Solar Cell. Lewat tenaga Matahari kita bisa memanfaatkan energinya untuk bahan bakar. Semoga masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik,” pungkasnya.

(Mugni)

Bagikan: