PT Len Industri Bantu 15.000 Bibit Pohon Kopi Gambung



Bandung,Beritainspiratif.com- Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan dan Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri Priadi Ekatama Sahari, bersama jajaran manajemen Len Incorporated, secara simbolis melakukan penanaman 15.000 bibit Pohon Kopi Gambung di Desa Mekarsari Gambung Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Jumat (22/3/2019).

Penanaman dilakukan secara tumpangsari dibawah tegakan pohon damar, dalam kawasan hutan lindung yang dikelola Perum Perhutani.

Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri Priadi Ekatama Sahari menuturkan, penanaman bibit kopi ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus mengenalkan, mengembangkan, dan melestarikan produk hasil bumi daerah Mekarsari, khususnya Kopi Gambung.

Hal itu sejalan dengan tagline CSR PT Len Industri, yang mengusung “Go Green, Go Smart, Go Welfare” dengan visinya “Maju Bersama Masyarakat Mewujudkan Kehidupan Harmonis dan Sejahtera”.

"Program CSR (tanggung jawab sosial perusahaan), kita fokuskan pada kegiatan yang dapat memberikan manfaat secara berkesinambungan bagi masyarakat maupun lingkungan hidup setempat," kata Eka.

Desa Mekarsari lanjut Eka, bisa menjadi Desa Binaan PT Len Industri sebagai salah satu pelaksanaan Program PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). Desa ini dinilai memiliki potensi yang dapat lebih dikembangkan lagi.

Kegiatan penanaman ini diharapkan Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan, dapat melestarikan lingkungan karena berada dalam kawasan hutan lindung dengan kemiringan lereng 30%.

"Kami harapkan gerakan penanaman ini akan berkelanjutan, sehingga lahan yang berpotensi bencana bisa terjaga dengan tanaman keras," harapnya.

Menurut Ketua LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Mekarsari, Nana Wiharna, sekitar 380 KK desa Mekarsari bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani kopi dan teh.

Kopi hasil perkebunan Desa Mekarsari dikenal dengan nama merek Kopi Kerkhoven. Nama tersebut diambil dari nama tokoh Rudolph Eduard Kerkhoven, seorang perintis dan pembangun Perkebunan Teh Gambung pada masa kolonial Belanda.

Produk lain dari desa yang terletak di Gunung Tilu tersebut, yakni teh Gambung, air mineral kemasan Gambung dan keripik daun teh Sam Sam Chips yang sudah di jual hingga ke luar Pulau Jawa. "Pemasarannya, dilakukan secara online melalui social media," ujarnya.

(Ida)

Berita Terkait