PT KAI Daop 2 Siapkan 4 KA Tambahan Lebaran 2019



Bandung,Beritainspiratif.com - Mulai tanggal 6 April 2019 pukul 00.00WIB, PT KAI Daop 2 menjual tiket untuk KA Tambahan Lebaran 2019.

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung, Joni Martinus ada 4 KA Tambahan Lebaran keberangkatan Daop 2 yang akan dioperasikan, yaitu KA Lodaya Pagi dan Lodaya Malam Lebaran, KA Pasundan Lebaran, dan KA Kutojaya Lebaran.

Secara total, tempat duduk yang disediakan pada KA Tambahan Lebaran tersebut sekitar 2.600 per hari.

“Ada 4 KA Tambahan Lebaran yaitu KA Lodaya Lebaran relasi Bandung – Jogja – Solo, KA Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Pasarturi, dan KA Kutojaya Lebaran relasi Kiaracondong – Kutoarjo. Pemesanannya dibuka dini hari nanti, tepat pukul 00.00,” jelas Joni di Bandung, Jum'at 5/4/2019).

Joni menuturkan ketersediaan tiket KA reguler sampai saat ini masih banyak, meskipun pada beberapa kereta ada yang sudah habis , seperti KA Pasundan dan KA Kutojaya. Namun masyarakat masih bisa memesannya pada KA Tambahan Lebaran.

Sampai saat ini, lanjut Joni keterisian tempat duduk KA reguler masih di bawah 50 %. Artinya masih banyak tiket tersedia untuk masyarakat.

Menurutnya, eskalasi pemesanan akan terus meningkat, ketika memasuki bulan Ramadan dan mendekati Lebaran. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat benar-benar merencanakan perjalanan dengan kereta api secara matang, dengan segera memesan tiket perjalanan.

Joni menyampaikan beberapa tips yang bisa digunakan oleh calon penumpang saat melakukan perburuan tiket KA untuk Mudik dan Balik Lebaran 2019.

1.Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2.Cari rute dan tanggal alternatif. Jika tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa cari rute alternatif.

Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta – Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak.

Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta – Cirebon lalu Cirebon – Solo.

Pastikan waktu antar kereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

3.Cek ketersediaan tiket secara berkala. KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tersebut akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual kembali kepada masyarakat melalui seluruh channel penjualan KAI.

Pemesanan dapat dilakukan di website kai.id dan KAI Access mulai pukul 00.00 WIB. Sedangkan untuk pemesanan di channel eksternal menyesuaikan dengan kebijakan masing-masing mitra penjualan tiket KAI.

Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai channel penjualan tiket resmi KAI lainnya.

(Ida)

Berita Terkait