PT INKA Produksi 31 Rangkaian Kereta Api Tanpa Masinis



Madiun, Beritainspiratif.com – Manajer Humas dan Protokoler Exiandri PT Industri Kereta Api  (INKA) Bambang Primadani, Rabu (26/9/2018) menyampaikan PT INKA akan membuat rancangan baru kereta api di Kota Madiun dengan membuat kereta Light Rail Transit (LRT) tanpa tenaga masinis.

INKA juga sudah melakukan tanda tangan kontrak pembuatan kereta LRT untuk Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi). Jika di Palembang masih menggunakan masinis, lain halnya LRT di Jabodebek yang akan dikembangkan driverless (tanpa masinis) yang dikutip dari laman PT INKA.

Saat ini Kereta LRT untuk Jabodebek, baru tahap pengadaan material, dengan jumlah kereta tanpa masinis itu sesuai pesanan PT KAI adalah 31 rangkaian.

Kereta tanpa masinis ini, akan dilengkapi dengan publik adreas yang berfungsi untuk mengetahui posisi kereta api sampai dimana. Setiap stasiun akan termonitor keberadaan kereta sampai dimana.

Sarana lain kereta LRT Jabodebek juga dilengkapi CCTV dan AC. Sementara proyek LRT Jabodebek akan dimulai awal tahun 2019. Namun jika material sudah tiba november 2018, maka akan dilakukan pengerjaan awal.

" Untuk pengerjaan pesanan KA Jabodebek sesuai kontrak 2019, cuman memang saat ini prosesnya baru pengadaan material sama ini aprovel desainnya," tuturnya.

Kereta LRT tanpa tenaga masinis pesanan PT KAI nilai kontraknya sebesar Rp 3,9 triliun. Proyek BUMN ini akan dipertanggungjawabkan mulai dari jalur track oleh PT. Waskita Karya.  (Yanis)

Berita Terkait